Ticker

6/recent/ticker-posts

KENANG JASA KEPAHLAWANAN, NAMA HAS. HANANDJOEDIN DIUSULKAN JADI NAMA JALAN

Foto bersama Bupati Belitung, Belitung Timur dan Penerima Penghargaan

 

BELTIM, SATAMEXPOSE.COMPemerintah Kabupaten Belitung Timur dan Kabupaten Belitung berencana mengabadikan nama HAS Hanandjoedin menjadi nama jalan yang menghubungkan kedua kabupaten.

Rencana penamaan tersebut diungkapkan Bupati Belitung saat menghadiri Pembukaan Seminar Nasional dalam rangka Pengusulan H. AS Hanandjoedin sebagai Pahlawan Nasional di Auditorium Zahari MZ, Kamis (17/2/22) 

Penamaan jalan ini sebagai bentuk dukungan dua kabupaten atas jasa kepahlawanan HAS Hanandjeoddin semasa hidupnya.

Jalan sepanjang kurang lebih 80 kilometer tersebut, saat ini masih bernama Jalan Tengah Tanjungpandan-Manggar.     

Bupati Belitung Sahani Saleh mengungkapkan sudah membuat laporan ke Kementerian PUPR untuk mengganti nama jalan tersebut

“Kita sudah berencana Jalan Tengah itu kita ganti nama menjadi Jalan HAS Hanandjoeddin. Jadi nyambung sampai ke sini (dari Tanjungpandan ke Manggar),” ujar Sanem, panggilan akrabnya.

Penamaan Jalan HAS Hanandjoeddin sebelumnya sudah dipakai oleh Pemerintah Kota Malang Jawa Timur, Hal ini mengingat sepak terjang kepahlawanan Tokoh Militer Indonesia tersebut pada masa revolusi kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan di Kota Malang.   

“Mungkin banyak orang Belitong uang tidak tahu kalau beliau itu berjuangnya di Malang. Bukan hanya nama jalan, di lokasi tempat beliau berperang itu sudah disiapkan untuk dibangun monumen dari Wali Kota Malang,” ungkap Sanem.

Kabupaten Belitung sendiri sebenarnya sudah mengajukan pernah mengajukan nama HAS Hanandjoeddin untuk menjadi nama bandara dan Pangkalan Udara (Lanud) Tanjungpandan. Dari sebelumnya Bandara Buluhtumbang menjadi Bandara HAS Hanandjoeddin dan Lanud Tanjungpandan menjadi Lanud HAS Hanandjoeddin. (rch)