Ticker

6/recent/ticker-posts

GUNAKAN ANGGARAN PUSAT, GEDUNG PERPUSTAKAAN AKAN SEGERA DI REHAB

 

Gambar : Bupati Belitung, H. Sahani Saleh ketika lakukan
penarikan undian di damping Kepala Dinas Perpustakaan
dan Kearsipan Kabupaten Belitung, Paryanta.

Belitung|Satamexpose.com – Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Belitung yang berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung direncanakan kembali di rehab.

Rehab yang direncanakan pelaksanaannya pada tahun 2023 mendatang karena gedung yang ada saat ini dirasakan kurang refresentatif dengan bertambahnya koleksi buku maupun sarana penunjang perpustakaan digital serta fasilitas penunjang lainnya, seperti ruang pertemuan untuk acara bedah buku.

Hal ini diuangkapkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Belitung, Paryanta usai mengadakan penarikan undian kunjungan berhadiah yang digelar di Gedung Serbaguna Pemkab Belitung, Selasa(30/11).

"Kalau untuk perubahan atau perbaikan gedung itu sudah urgen sebenarnya, karena kondisinya untuk orang membaca lebih rileks dan pertemuan seperti bedah buku, sekarang sudah kurang representatif," ujarnya.

Menurutnya, tahun depan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kembali mendapatkan bantuan berupa sarana teknologi informasi dan komunikasi seperti komputer untuk menunjang perpustakaan digital.

Ia juga mengatakan, rencana gedung baru tersebut saat ini masih terkendala detail engineering design (DED) yang semula akan dibuat tahun lalu, namun dikarenakan situasi pandemi sehingga penganggarannya tidak memungkinkan.

DED gedung perpustakaan menurutnya baru akan mulai dilakukan pada tahun 2022 dan diharapkan pembangunannya bisa mulai dilaksanakan pada 2023 mendatang.

Untuk pembangunan itu sendiri anggarannya direncanakan dari pusat melalui dana alokasi khusus (DAK) yakni sekitar Rp. 4,5 miliar.

"Gedung yang ada saat ini akan direhabilitasi dengan anggaran dari pusat. Kita tidak bisa membangun gedung baru karena kesulitan mencari lahan apalagi yang strategis,” tandas Paryanta. (rus)