Ticker

6/recent/ticker-posts

LAKSAMANA TNI YUDO MARGONO SEBUT BATU-BATU BESAR PERSULIT RATSUS

Gambar : Kegiatan latihan pendaratan khusus yang digelar
di pantai Tanjung Kelayang, Jum'at(8/10).

Belitung | Satam Expose.comKepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, menyaksikan langsung pelaksanaan latihan pendaratan khusus (Ratsus) di pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Jumat (8/10) sekira pukul 05.00 WIB.

Menurutnya, ratsus kali ini merupakan rangkaian kegiatan latihan Operasi Amfibi yang akan digelar tahun ini. Tugas pokok yang harus diselesaikan dalam latihan ini adalah Kompi G (-) DPK melaksanakan pendaratan khusus, merebut dan menduduki sasaran pada hari “H” jam “J” di Tanjung Kelayang, dalam rangka mendukung operasi pendaratan utama.

“Latihan ini kita laksanakan secara parsial sebelum dilaksanakan di Dabo Singkep, Kepulauan Riau,” jelas Kasal Yudo.

Setidaknya ada 100 prajurit khusus dari Yontaifib Korps Marinir mengikuti pelaksanaan latihan pendaratan khusus ini. Latihan bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas dan ketangguhan prajurit TNI Angkatan Laut.

Adapun kendala yang dihadapi saat ratsus di Pulau Belitung adalah terdapat banyak batu-batu besar, sehingga meyulitkan proses pendaratan personil.

“Dalam keadaan gelap, rintangan batu menjadi kendala dalam pendaratan,” tandasnya. (rus)