Ticker

6/recent/ticker-posts

SEBANYAK 157 TON CUMI-CUMI TANGKAPAN NELAYAN DIDARATKAN DI PPN TANJUNGPANDAN

Gambar : Aktifitas nelayan penangkap cumi-cumi di PPN Tanjungpandan, Jum'at(27/8).


Belitung | Satam Expose.com - Potensi cumi-cumi di perairan pulau Belitung yang masuk ke dalam WPP-R1 711 cukup berlimpah sehingga menjadi hasil tangkapan yang baik nelayan setempat.

Berdasarkan data, cumi-cumi hasil tangkapan nelayan yang didaratkan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, selama bulan  Agustus ini mencapai 157 ton.

Sub Koordinator Operasional PPN Tanjungpandan, Darya mengatakan nelayan pencari cumi biasanya turun melaut selama satu minggu hingga 10 hari menggunakan kapal yang dilengkapi alat tangkap cumi-cumi yaitu bouke ami, namun ada juga sebagian nelayan tradisional pemancing cumi-cumi turun secara harian (one day fishing).

"Produksi cumi-cumi cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir karena saat ini musimnya sedang berlangsung," ujarnya, Jum'at(27/8)

Adapun hasil tangkapan cumi-cumi para nelayan tersebut biasanya akan dipisahkan berdasarkan kualitas dan ukuran kemudian dijual dengan harga Rp. 40 ribu per kilogram hingga Rp. 90 ribu per kilogram.

"Kalau kualitasnya bagus biasa dijual ke perusahaan untuk diekspor ke luar negeri dan masuk ke restoran sedangkan ukuran biasa atau cumi cendol langsung dijual ke pasar," tandasnya. (rus)