Ticker

6/recent/ticker-posts

LARAT JANGKAR, SEJUMLAH KAPAL NELAYAN ALAMI KERUSAKAN TERSEREMPET KAPAL TANKER

Gambar ilustrasi.

 

Belitung | Satam Expose.com - Kapal pengangkut BBM bertuliskan Long Iram Indah Samarinda menyerempet beberapa perahu nelayan di dermaga Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tanjungpandan, Rabu (4/8).

Kapal pengangkut BBM berwarna putih dengan kombinasi warna oranye tersebut diduga mengalami larat  jangkar akibat arus pasang dan angin yang kencang.

Beberapa perahu nelayan yang terserempet kapal itu mengalami rusak ringan, beruntung tidak terdapat korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Pemilik perahu yang berada di sekitar lokasi kejadian langsung memindahkan perahu mereka menghindari gesekan dengan kapal pengangkut BBM tersebut.

Kasat Polair Polres Belitung, AKP M. Syarifudin Ginting mengatakan kejadian yang disebabkan faktor cuaca tersebut mengakibatkan kapal tergeser hingga masuk area dermaga PPN Tanjungpandan.

“Kapten sudah berupaya mengendalikan kapal, tapi karena angin yang kencang ditambah dorongan arus laut pasang, maka kapal tetap ralat jangkar,” ujarnya.

Ginting juga mengatakan, nanti jika kondisi air laut sudah memungkinkan, kapal akan segera bergerak ke wilayah sandar yang semestinya.

Pihaknya juga sudah mengambil langkah mengumpulkan para nelayan yang  terdampak dan meminta mereka agar tidak terhasut, karena pihak perusahaan bersedia ganti rugi.

"Mereka memang sudah mengikuti prosedur, tapi karena cuaca seperti ini mau bagaimana lagi dan intinya mereka bersedia ganti rugi,” tandas AKP M. Syarifudin Ginting. (sis)