Ticker

6/recent/ticker-posts

KSOP TANJUNGPANDAN BUKA GERAI PENERBITAN PAS KAPAL

 

Gambar : Kepala KSOP Kelas IV Tanjung Pandan,
Anggiat Douglas Silitonga (dok).

Belitung | Satam Expose.com – Guna memudahkan nelayan dalam penerbitan pas kapal atau surat tanda kebangsaan kapal, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, akan membuka gerai layanan penerbitan pas kapal bagi nelayan di Kabupaten Belitung.

Kepala KSOP Kelas IV Tanjung Pandan, Anggiat Douglas Silitonga mengatakan, layanan jemput bola tersebut ditujukan guna membantu dan memudahkan para nelayan yang selama ini mengalami kendala dalam penerbitan pas kapal atau surat tanda kebangsaan kapal.

 

"Kami nantinya akan membuat program membuka gerai sehingga memudahkan para nelayan untuk memperoleh pas kapal apakah itu pas kecil maupun pas besar," jelasnya, Sabtu(21/8). 

Menurutnya, layanan gerai tersebut akan dibuka secara berpindah-pindah di lokasi lain dan tidak hanya pada satu  lokasi saja. 

 

Ia menambahkan, bagi kapal-kapal nelayan dengan ukuran dibawah 7 GT maka  akan mendapatkan pas kecil sedangkan kapal-kapal nelayan berukuran diatas 7 GT akan mendapatkan pas besar. 

"Misalnya pada tanggal sekian kami akan melakukan pengukuran kapal di wilayah desa Tanjung Binga kemudian selanjutnya berpindah ke lokasi lain jadi kami akan jemput bola," ujarnya. 

Diakuinya kewenangan KSOP Tanjung Pandan dalam penerbitan pas besar, memang dibatasi karena dalam aturan pihaknya belum dapat mengesahkan daftar ukur tersebut namun masih tetap bisa melakukan pengukuran kapal. 

 

Sedangkan untuk kewenangan penerbitan pas kecil yaitu kapal dengan ukuran dibawah 7 GT sepenuhnya bisa dilakukan oleh pihaknya serta sejauh ini tidak ditemukan kendala. 

"Untuk pas besar, kami mengirimkan daftar ukur kapal kepada pelabuhan yang memiliki kewenangan untuk mengesahkan dan dokumen pengesahan tersebut dikembalikan ke kami dan kami akan menerbitkan pas besarnya," tandasnya.
(rus)