Ticker

6/recent/ticker-posts

BANTU PENANGANAN COVID-19, GUBERNUR TEMPATKAN EMPAT SATGAS DI BELITUNG

Gambar : Gubernur pimpin rapat bersama Forkopimda dan Pemkab Belitung serta
Belitung Timur, Senin(23/8).

 

Belitung | Satam Expose.com - Pemerintah Provinsi Babel tempatkan empat satuan tugas (satgas) yang akan bertugas di Belitung untuk membantu penanganan Covid-19.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengatakan ini merupakan tindak lanjut dari hasil rapat bersama Forum Koordinasi dan Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Pemerintah Kabupaten Belitung dan Belitung Timur, Senin(23/8).

Menurutnya keempat Satgas untuk Kabupaten Belitung dan Belitung Timur antara lain yakni, satgas vaksin, satgas isoter, satgas oksigen, dan satgas silacak. 

Pertama, Satgas vaksin di Pulau Belitung diketuai oleh Wakapolda, bertugas untuk percepatan vaksin di Beltim dan Belitung dan untuk penerapan satgas vaksin di Kabupaten Belitung, Gubernur Erzaldi berharap satgas vaksin dapat dibentuk oleh Pemerintah Daerah sesuai dengan turunannya. 

"Target Provinsi Babel masih sama seperti target sebelumnya, 20.000 perhari dan harus tercapai," tegasnya. 

Kedua, Satgas Isolasi Terpadu (Isoter) yang diketuai oleh Kepala BPBD Babel, Mikron Antariksa dan wakilnya adalah Dansatbrimob Babel. 

Dalam penanganannya, akan diberlakukan sistem jemput paksa ketika orang tidak mau di isoter.

"Harus dilaksanakan betul. Isoter ini harus dimanfaatkan. Karena kita kesulitan mengurangi mobilisasi masyarakat yang sedang isoman dan berpotensi keluar rumah," jelasnya.

Ketiga, Satgas oksigen yang diketuai oleh Asisten III yang berkolaborasi dengan rumah sakit setempat dan Dinkes Pemda yang setiap hari harus melaporkan kondisi ketersediaan oksigen yang ada di Rumah Sakit melalui sistem big data terkoneksi dengan sistem Kementerian Kesehatan RI. 

"Oksigen konsentrator juga akan disalurkan ke isoter pada kecamatan dan pulau-pulau kecil," jelasnya. 

Keempat, Satgas si lacak, yang disebut juga Satgas tracking, diketuai oleh kepala BKKBN melalui kader-kader yang sudah terstruktur hingga ke bawah dan dibantu TNI/Polri serta petugas puskesmas setempat.(rus/ikp-babel)