Ticker

6/recent/ticker-posts

251 MILIAR APBD PERUBAHAN DIPEROYEKSIKAN UNTUK BIDANG KESEHATAN

 

Gambar : Bupati sampaikan raperda tentang perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Belitung tahun 2021 pada rapat paripurna XXXIII masa persidangan III DPRD Kabupaten Belitung tahun 2020-2021.

Beltim | Satam Expose.comPemerintah Kabupaten Belitung memproyeksikan anggaran bidang kesehatan dalam rancangan perubahan APBD tahun 2021 sebesar Rp. 251 miliar.

Bupati Kabupaten Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos dalam sidang paripurna di DPRD Kabupaten Belitung dengan agenda penyampaian penyampaian raperda tentang perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Belitung tahun 2021, mengatakan angggaran tersebut dialokasikan guna mendukung penanganan Covid-19, Senin(30/8).

"Khususnya pada peningkatan kualitas pelayanan dan perluasan jangkauan pelayanan termasuk dukungan penanganan Covid-19," ujarnya.

Hingga saat ini alokasi anggaran kesehatan Kabupaten Belitung telah mencapai 29,30 persen dari total belanja daerah di luar gaji pegawai.

Menurutnya, hal itu sesuai sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan untuk mengalokasikan anggaran kesehatan sekurang-kurangnya 10 persen dari total belanja daerah di luar gaji.

"Kami memprioritaskan penanganan Covid-19, baik dari sisi kesehatan dan dampak yang berkaitan seperti sektor ekonomi dan sektor lainnya," ujar Bupati.


Selain itu, dalam upaya penanganan Covid-19 Pemerintah Kabupaten Belitung telah melakukan "refocusing" anggaran dan memenuhi alokasi anggaran minimal 8 persen dari Dana Alokasi Umum (DAU) untuk penanganan Covid-19 sebesar Rp. 37 miliar dan dari dana penerimaan umum APBD Belitung sebesar Rp.1,8 miliar.

"Jadi kami telah melakukan refocusing dengan total anggaran Rp.38 miliar untuk penanganan Covid-19 dan kami terus berkomitmen meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan kesehatan," tandas Sahani Saleh. (rus)