Ticker

6/recent/ticker-posts

PETUGAS DAN WARGA BINAAN LAPAS KELAS IIB TANJUNGPANDAN TERJANGKIT COVID-19

Gambar : Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan, Romiwin Hutasoit, SH., MH
lakukan pengawasan terhadap warga binaan yang diisolasi, Kamis(22/7).

 

Belitung | Satam Expose.comTerkait pemberitaan sejumlah warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB Tanjungpandan terkonfirmasi positif Covid-19, Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Joko Sarjono, Kamis (22/7) mengatakan dirinya memang mendapatkan laporan tentang adanya warga binaan lapas kelas II B yang positif Covid-19, namun dirinya belum bisa menyampaikan jumlah kasus positif maupun sumber penularannya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Badau, dr. Gultom ketika dihubungi wartawan mengatakan pihaknya melakukan tracking (pelacakan, red) setelah dihubungi pihak Lapas kelas IIB Tanjungpandan karena ada petugasnya yang positif hasil SWAB antigen Covid-19. 

Terkait masalah tersebut, Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit, SH, MH melalui rilisnya membenarkan jika pihaknya yang berkoordinasi dengan pihak Gugus Tugas Penaganan Covid-19 di Kabupaten Belitung ketika dirinya mendapat laporan bahwa ada seorang anggota regu pengaman yang positif Covid-19.

“Kami segera berkoordinasi dengan Gugus Tugas khususnya Puskesmas Badau untuk dilakukan tracking seluruh petugas dan WBP kontak erat agar mudah dalam penanganannya,” paparnya.

Menurut Romiwin, hasil tracking diketahui 119 WBP dan 7 petugas dinyatakan Positif Covid-19 dan secara umum mereka memiliki gejala demam disertai  flu serta batuk.

“Ini adalah Upaya kami untuk memutus mata rantai penyebaran di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, secara umum kondisi tertangani dengan baik dan kondisi Lapas aman kondusif,” ujarnya.

Kalapas juga menjelaskan, pihaknya baru akan mengeluarkan informasi resmi setelah seluruh WBP dan petugas ditracking.

“Karena keterbatasan alat, sehingga pemeriksaan Swab Antigen harus dilakukan bertahap, dan pada Rabu 21 Juli 2021 total 179 WBP dan 49 Petugas sudah di Swab antigen seluruhnya,” tandas Romiwin.(rus)