Ticker

6/recent/ticker-posts

SAMBUT HJKT KE-183, BUPATI ZIARAHI MAKAM KA. RAHAT

Gambar : Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos ketika ziarahi
makam KA. Rahat, pendiriKota Tanjungpandan, jum'at (25/6)

 

Belitung | Satam Expose.com - Tepat di tanggal 1 Juli 2021 mendatang, Kota Tanjungpandan memasuki usia ke-183 tahun.

Jum’at (25/6) Bupati beserta rombongan melakukan ziarah ke makam KA. Rahat di area perkebunan sawit Desa Kembiri, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, yang merupakan agenda rutin setiap tahunnya jelang Hari Jadi Kota Tanjungpandan.

Hadir pada ziarah tersebut, Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Setda Pemkab Belitung, Bakhri Hariansyah, dan berbagai kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Belitung serta pihak Keluarga KA. Rahat.

Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S.Sos  (Sanem) mengatakan, ziarah tersebut selalu dilakukan secara rutin setiap tahun untuk mengingatkan bahwa KA. Rahat sebagai tokoh pendiri Kota Tanjungpandan.

"Ini termasuk dalam agenda rutin, dalam rangka memperingati HJKT. Ya agenda lain ada seperti Belitung Expo, dan ini pula untuk mengingatkan kepada masyarakat Belitung, bahwa KA. Rahat inilah tokoh pembentuk Kota Tanjungpandan," ujarnya, Jumat (25/6).

Sanem menegaskan pentingnya pelajar hingga masyarakat umum  mengetahui tentang sejarah pembentukan Kota Tanjungpandan.

Meskipun Kota Tanjungpandan sudah berusia 183 tahun, menurutnya pergerakan pembangunan baru ada setelah era reformasi di tahun 1998 dan dimulai setelah terbentuk Provinsi Bangka Belitung (Babel).

"Karena sebelum itu, Belitung ini istilah nya jadi nusakambangan, tapi setelah tahu potensi daerah, baru bisa mengimbangi," ujarnya.

Selama ziarah tersebut, rombongan keluarga KA. Rahat dan Pemerintah Kabupaten Belitung memanjatkan doa bersama dan tahlilan.(rus)