Ticker

6/recent/ticker-posts

OPERASI PENCARIAN KORBAN LAKA TAMBANG DIHENTIKAN, MASYARAKAT GELAR SHOLAT GAIB

  Gambar : Masyarakat gelar sholat gaib di lokasi laka tambang, rabu(30/6).



Belitung | Satam Expose.com – Terkait pencarian dua korban laka  tambang yang terjadi di wilayah IUP PT. Menara Cipta Mulya (MCM) Desa Mayang, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung yang terjadi pada minggu(27/6) hingga hari keempat pencarian korban, rabu (30/6) tidak membuahkan hasil.

Danpos SAR Belitung Rahmatullah Hasyim mengatakan operasi pencarian dihari keempat menemui jalan buntu karena air yang memenuhi lubang tidak kunjung kering, sedangkan medan yang sempit tidak memungkinkan untuk dilakukan penyelaman.

"Operasi pencarian dihentikan pada hari keempat ini. Namun kami masih akan tetap melakukan pemantauan selama tiga hari ke depan sesuai dengan SOP pencarian korban yaitu total tujuh hari," ujarnya ketika ditemui wartawan di lokasi kejadian, rabu(30/6).

Dia mengatakan belum bisa memastikan bagaimana kondisi dua korban tersebut tetapi 80% dipastikan meninggal dunia. Rahmatullah bilang hasil dari koordinasi dengan perusahaan lubang tambang itu akan ditutup supaya tidak ada korban jiwa lagi.

Menurutnya Tim SAR Gabungan sudah berusaha maksimal mencari dan memikirkan segala opsi penyelamatan. Sempitnya lobang tidak memungkinkan untuk melakukan penyelaman, demikian pula penyelamatan menggunakan alat berat mengingat kondisi lapangan penuh dengan bebatuan yang akhirnya bisa membuat runtuh lubang tersebut.

"Opsi yang paling memungkinkan hanya penyedotan air di lubang, namun setelah beberapa hari ini disedot dengan pompa penyedot besar tetap tidak kering," paparnya. 

Masyarakat sekitar sudah melaksanakan salat gaib di lokasi tersebut guna menghormati korban. Setelah lubang ditutup, petugas memasang dua nisan di lokasi tersebut. (rus)