Ticker

6/recent/ticker-posts

TIM GABUNGAN UNGKAP PENGIRIMAN RIBUAN MEXTRIL TANPA IZIN EDAR

Gambar : Satpol-PP Kabupaten Belitung dan Belitung Timur di dampingi BNN Belitung berhasil gagalkan pengiriman ribuan mextril tanpa izin edar, kamis(27/5).

 


Manggar | Satam Expose.com – 4.200 butir obat batuk mextril tanpa izin edar berhasil diamankan dari kediaman HM (32) Jalan Jenderal Sudirman Desa Jangkar Asam Kec. Gantung, Kabupaten Belitung Timur, kamis (27/5).

Pengungkapan maraknya peredaran obat batuk bermerek Mextril berawal dari laporan masyarakat, dengan menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Belitung, Satpol-PP Kabupaten Belitung menelusuri peredaran dan penjualan obat yang sering disalahgunakan tersebut.

Dari hasil pengembangan, diketahui ternyata ada kiriman besar berupa paket obat batuk mextril ke wilayah Belitung Timur melalui jalur ekspedisi, Satpol-PP Belitung lalu berkoordinasi dengan Satpol-PP Belitung Timur untuk mengungkap kasus tersebut.

Seperti diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Opsdal Tibum Satpol-PP Beltim, Nazirwan, SH kepada wartawan bahwa pihaknya bersama-sama Satpol-PP Kabupaten Belitung dan BNN Kabupaten Belitung menuju salah satu kantor ekpedisi yang berada di Kecamatan Gantung

“Ketika barang ini (Mextril) datang, kami meminta agar pihak ekspedisi menelpon yang bersangkutan sekitar pukul 12.30 WIB, tak berselang lama pemiliknya datang mengambil. Selanjutnya, kami mengikuti terduga pelaku hingga kediamannya,” ujarnya.

Tim gabungan lalu mengikuti HM hingga rumah dan  menghentikannya sebelum masuk kerumah serta menggeledah paket tersebut.

Dari penggeledahan itu, tim gabungan menemukan 4.000 butir obat batuk Mextril yang dimuat dalam 40 kotak kecil dan dikemas menjadi lima dus serta dikirimkan melalui salah satu perusahaan ekspedisi oleh wanita berinisial LN dari Tasikmalaya.

Sedangkan 200 butir merupakan stok yang ada di rumah pemilik saat dilakukan penggeledahan oleh Tim gabungan.

Setelah dilakukan pemeriksaan di Kantor Satpol-PP Kabupaten Belitung Timur, pelaku bersama barang bukti dibawa ke ke Polres Belitung Timur. (sis)