Ticker

6/recent/ticker-posts

SANEM SEBUT AKAN TERAPKAN PPKM SKALA MIKRO TINGKAT RT

Gambar : Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos.

 


Tanjungpandan, Satam Expose.com - Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di tingkat Rukun Tetangga (RT) akan segera diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Belitung guna mengantisipasi penyebaran covid-19.

Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos mengatakan kepada wartawan, jika ditemukan kasus covid-19 di sejumlah rumah dalam satu RT maka lokasi tersebut diberlakukan pembatasan lingkungan.

"Pembatasannya apabila ditemukan kasus di sejumlah rumah dalam satu RT maka pembatasannya dilakukan di sana sehingga ruang lingkupnya hanya per RT," ujarnya Sanem, sapaan akrab Bupati Belitung pada rabu (19/5)

Ia memastikan, penerapan PPKM skala mikro tersebut tidak akan menganggu kegiatan perekonomian masyarakat sehingga menimbulkan kekhawatiran yang berlebihan.

"Bukan pemblokiran suatu Desa atau Kelurahan, lingkupnya hanya sebatas RT jadi kami tahu mana yang prioritas dan mana yang mega prioritas dalam penanganan covid-19 termasuk soal pemulihan ekonomi," ujarnya.

Sanem juga mengatakan dalam penerapan PPKM skala mikro setiap rumah warga yang melakukan isolasi mandiri akan ditempelkan stiker sebagai penanda bahwa penghuni rumah sedang menjalani isolasi covid-19 agar dapat disiplin selama menjalani isolasi. Untuk itu Sanem minta agar pihak Kecamatan dan Pemerintah Desa berperan aktif dalam pengawasannya.

Selain itu, Satgas covid-19 akan memperketat penerapan protokol kesehatan khususnya ditempat umum, seperti pasar, warung kopi dan pusat kerumunan lainnya. (rus)