Ticker

6/recent/ticker-posts

TUANG BENSIN TAK JAUH DARI TEMPAT MEMASAK, YULIANTI TEWAS TERBAKAR DI DALAM RUMAH

Petugas kepolisian dan TNI mendatangi lokasi
kebakaran di Ujung Gersik, Membalong. IST

MEMBALONG, SATAMEXPOSE.COM – Seorang wanita bernama Yulianti (31) tewas dalam kebakaran sebuah rumah di Dusun Ujung Gersik RT 05/03, Desa Membalong, Kecamatan Membalong, Belitung, Rabu (10/3/2021) pukul 18.05 WIB.


Korban mengalami luka bakar di seluruh tubuhnya hingga hangus karena terpanggang di dalam rumah. Saat terjadi kebakaran rumah berbahan kayu ini juga terdengar suara ledakan.


Satu korban lainnya yakni Sipina (54) berhasil selamat dalam peristiwa nahas tersebut. Ibu korban meninggal ini mengalami luka bakar di bagian wajah, tangan, dan kaki.


Korban Sipina lalu dievakuasi ke Puskesmas Membalong dan selanjutnya dirujuk ke RSUD dr H Marsidi Judono guna menjalani perawatan intensif.


Kapolsek Membalong AKP Karyadi menjelaskan, kronologis kejadian bermula saat ibu korban mendengar anaknya minta tolong karena adanya kobaran api di dalam rumah.


Pada saat Sipina masuk ke dalam rumah dan hendak menolong korban, tiba-tiba terjadi ledakan yang mengakibatkan Sipina terpental keluar. Sedangkan Yulianti masih berada di dalam rumah dan tidak bisa diselamatkan.


AKP Karyadi menuturkan, menurut keterangan Sipina saat terjadi kebakaran anaknya sedang menuangkan bahan bakar minyak jenis bensin ke dalam wadah botol air mineral ukuran 1,5 liter yang rencananya akan dijual di warung milik korban.


"Asal mula munculnya api, ibu korban tidak dapat mengetahui secara pasti. Untuk kondisi rumah terbuat dari kayu dan di dalam rumah terdapat bahan bakar jenis bensin yang sehari-hari di jual korban, tabung gas elpiji ukuran 3 kilogram, serta dagangan berupa barang-barang kelontong," kata AKP Karyadi, Rabu (10/2/2021) malam.


Selain itu, lanjutnya, dari hasil pulbaket di lapangan didapat bahan keterangan dari saksi bernama Zulham Effendi yang mengatakan bahwa sebelum menuangkan bensin, korban sempat memasak dengan jarak antara dapur dan tempat menuang bensin kurang lebih 2,5 meter.


Sebelum menuangkan bensin korban sudah mematikan kompor gas, namun tidak maksimal. Sehingga sisa api yang masih ada di kompor menyambar bensin dagangan korban.


AKP Karyadi menambahkan, Unit Reskrim Polsek Membalong dibantu Unit Identifikasi Satreskrim Polres Belitung sudah melakukan olah TKP di lokasi kejadian.


"Kami mengimbau kepada warga agar berhati hati, apabila sudah memasak dan mematikan kompor pastikan semuanya sudah mati total. Jauhkan dari bahan-bahan yang mudah terbakar, sehingga tidak terjadi kelalain yang dapat menyebabkan kebakaran," pesan AKP Karyadi. (fat)