Ticker

6/recent/ticker-posts

SAMBUT RAMADHAN, DESA SUAK-GOAL GELAR RUAHAN MASSAL

 

Gambar : Suasana ruahan massal di Masjid Al-Mukmin Desa Suak Gual


SELAT NASIK, SATAMEXPOSE.COM – Salah satu tradisi warga Desa Suak Gual Kecamatan Selat Nasik dalam menyambut datangnya bulan suci ramadhan, yakni menyelenggarakan ruahan massal. Kali ini ruahan diselenggarakan di Masjid Al-Mukmin Desa Suak Gual Kecamatan Selat Nasik Kabupaten Belitung, Rabu (31/3) dan dihadiri dihadiri Camat Selat Nasik dan jajaran serta perwakilan dari Diskominfo Kabupaten Belitung.

Salah satu warga Desa Suak Gual sekaligus Ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Tanjong Lancor, Wawan Albasra mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya.

"Pada tahun ini acara ruahan dibagi menjadi dua tahap, tahap pertama dari RT 1 sampai RT 4 di Masjid Al-Mukmin. Sedangkan tahap kedua dari RT 5 sampai RT 7 akan dilaksanakan besok di Gedung Serba Guna Desa Suak Gual," terangnya.

Wawan menambahkan, alasan acara ruahan dibagi menjadi dua tahap agar tidak mubadzir. Karena setiap rumah yang penghuninya ada  rezeki lebih, akan memberikan satu dulang untuk ruahan. Atau bisa gabungan dari beberapa rumah atau saudara memberikan satu dulang.

Lebih lanjut dijelaskan, tahap pertama telah disiapkan 103 dulang untuk makan bersama warga dan juga para tamu. Ruahan diikuti oleh warga laki-laki, sedangkan warga perempuan bagian memasak.

"Setelah ruahan massal barulah nanti jika ada warga yang menyelenggarakan dirumah masing. Biasanya warga yang tidak memberikan makanan pada ruahan massal akan mengadakan dirumah masing-masing dengan mengundang saudara dan tetangga," lanjutnya.

Selain warga desa Suak Gual, ruahan massal ini juga dihadiri Camat Selat Nasik dan jajaran serta perwakilan dari Diskominfo Kabupaten Belitung. (Siti/IKP***)