Ticker

6/recent/ticker-posts

SEMAK BELUKAR SELUAS 1 HEKTAR TERBAKAR, LOKASINYA DEKAT PEMUKIMAN PENDUDUK

Petugas Damkar memadamkan semak belukar
yang terbakar di Jalan Bicong, Air Merbau. IST

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Sebuah lahan kosong yang ditumbuhi semak belukar di Jalan Bicong RT 21/08, Desa Air Merbau, Tanjungpandan, Belitung terbakar, Jumat (26/2/2021) pukul 11.30 WIB.


Belakangan diketahui penyebab terbakarnya lahan seluas kurang lebih 1 hektar tersebut karena pembakaran liar. Beruntung tidak ada korban jiwa dan api tidak menjalar ke rumah warga.


Kebakaran ini sempat membuat khawatir warga sekitar. Pasalnya lokasi lahan yang terbakar tersebut dekat dengan pemukiman masyarakat. Sehingga warga melaporkan kebakaran tersebut ke Damkar Belitung.


Komandan Regu (Danru) 3 Pemadam Kebakaran Kabupaten Belitung M Husin mengatakan pihaknya mendapat informasi dari warga bernama Bima bahwa ada kebakaran lahan.


Setelah menerima laporan, Damkar langsung menuju ke lokasi kejadian dengan menurunkan dua unit mobil pemadam dan 10 anggota dibantu 4 orang TRC BPBD. Sedangkan jarak tempuh kurang lebih 8 kilometer.


"Kurang lebih 30 menit api berhasil dipadamkan. Alhamdulilah untuk kendala dalam pemadaman tidak ada," kata M Husin saat dihubungi SatamExpose.com, Jumat (26/2/2021).


Pemadam Kebakaran mengimbau kepada masyarakat Belitung agar jangan membakar lahan tanpa pengawasan, mengingat saat ini sudah memasuki musim kemarau.


"Selain itu juga jangan membuang puntung rokok sembarangan. Tetaplah waspada terhadap bahaya kebakaran," pesan M. Husin. (fat)