Ticker

6/recent/ticker-posts

DUKUNG GEOPARK BELITONG, PT TIMAH TBK TANDATANGANI MOU, BERENCANA BUAT KONSERVASI DALAM UPTP BATU BESI

Foto bersama usai penandatanganan Mou antara
PT Timah dan Badan Pengelola Geopark Belitong. IST

DAMAR, SATAMEXPOSE.COM - PT Timah Tbk menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Pengelola Geopark Belitong di Kantor UPTP Batu Besi, Desa Burong Mandi, Damar, Beltim, Kamis (18/2/2021) lalu.


Nota Kesepahaman tersebut meliputi tentang Pendidikan, Pelatihan, Penelitian dan Penghijauan Lingkungan Hidup antara kedua belah pihak.


MoU ini ditandatangi langsung Kepala Unit Produksi Timah Primer (UPTP) PT Timah Dananggoro Wicaryanto dan Ketua Umum Badan Pengelola Geopark Belitong Yuspian turut disaksikan resident geologist BP Geopark Belitong Novis Ezuar Kadin dan tim Badan Pengelola Geopark Belitong.


Pendatangan MoU merupakan bentuk kepedulian PT Timah terhadap konservasi lingkungan, pengetahuan informasi masyarakat, serta Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM).


Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan mengatakan, tujuan nota kesepahaman ini untuk meningkatkan sinergi dalam kegiatan peningkatan dan pengembangan pengetahuan juga edukasi kepada masyarakat.


Selain itu juga mengoptimalkan dan mendayagunakan sumber daya manusia dan inovasi teknologi yang berdampak positif kepada masyarakat.


MoU ini tentunya dapat berjalan selaras dengan program–program dengan perlibatan masyarakat, diantaranya Program PPM dimana bentuknya seperti pendidikan, pelatihan, penelitian dan lingkungan,” kata Anggi.


Menurutnya, kegiatan ini juga akan melibatkan stakeholder, diantaranya Pengurus Badan Pengelola Geopark Belitong, Komunitas Pengelola Geosite di Geopark Belitong, dan masyarakat di sekitar geosite.


“PT Timah adalah bagian dari masyarakat dan kita berharap sinergi ini dapat terus berjalan, PT Timah juga mendukung kegiatan Geopark Belitong dalam berbagai kegiatan. Salah satunya, melalui MoU ini,” tambah Anggi.


Resident Geologist BP Geopark Belitong Novis Ezuar mengapresiasi nota kesepahaman ini. Menurutnya selama ini UPTP Batu Besi juga selama sudah mendukung kegiatan Badan Pengelola Geopark Belitong.


“Melalui MoU ini UPTP akan men-support kegiatan Geopark Belitung, bentuk dukungan support untuk pelatihan dan pemberdayaan masyarakat. Karena pilar pengembangan geopark pemerdayaan masyarakat, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan konservasi,” kata Novis.


Bahkan UPTP Batu Besi juga memiliki usaha unit pengembangan masyarakat dan sudah berencana untuk membuat areal konservasi di dalam UPTP.


Menurutnya, lokasi UPTP yang berdekatan dengan salah satu geosite yang ada di Burong Mandi. Sehingga, nantinya diharapkan masyarakat di kawasan itu dapat diberdayakan dan pada akhirnya masyarakat bisa lebih mandiri.


“MoU ini hanya untuk memperkuat saja. Program pelatihan yang akan dijalankan diantaranya pelatihan kepada masyarakat di sekitar geosite sehingga mereka siap untuk mandiri melangkah ke sektor non tambang, menyambut wisatawan dan kemandirian ekonomi,” papar Novis.


Ia juga berharap sinergi PT Timah dengan Badan Pengelola Geopark dapat terus berlanjut dan saling mendukung kegiatan geopark terutama dalam pemberdayaan masyarakat. (*/als)