Ticker

6/recent/ticker-posts

DANDIM 0414/BELITUNG AJAK PELAJAR MENJADI PRAJURIT TNI AD, DITEMPATKAN KE DAERAH ASAL IKUT SELEKSI

Ratusan pelajar SMA ikuti sosialisasi minat menjadi
prajurit TNI AD di Kodim 0414/Belitung.
SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Sebanyak 115 pelajar SMA sederajat se-Pulau Belitung mengikuti kampanye kreatif dan werving sebagai bentuk sosialisasi minat menjadi prajurit TNI AD, Selasa 19/1/2021).


Kegiatan yang berlangsung di aula Makodim 0414 Belitung dihadiri langsung oleh Dandim 0414 Belitung Letkol Inf Mustofa Akbar. Selain itu lima prajurit lulusan SMA di Belitung yang lolos tahun lalu juga hadir.


Bahkan kelima prajurit tersebut juga menceritakan pengalamannya dalam tahapan seleksi serta selama menjadi prajurit di depan para pelajar. Hal ini untuk menarik minat para pelajar menjadi prajurit TNI AD.


Letkol Inf Mustofa Akbar menjelaskan secara langsung setiap tahapan seleksi mulai dari Akademi Militer, perwira PK, bintara PK maupun Tamtama PK. Sehingga para pelajar siap saat mengikuti seleksi.


"Jadi kami promosikan semuanya mulai dari pendaftaran sampai setiap tahapan seleksinya. Jadi mereka ini nantinya sudah siap," kata Letkol Inf Mustofa Akbar, Selasa (19/1/2020).


Letkol Inf Mustofa Akbar menyebutkan, khusus pelajar yang memiliki prestasi baik bidang olahraga maupun akademik akan mendapat prioritas untuk lolos seleksi.


Selain itu, lanjutnya, berdasarkan kebijakan pimpinan seleksi kali ini akan menerapkan sistem zonasi. Sehingga peserta yang lolos seleksi akan berdinas kembali ke daerah asal tempatnya mendaftar.


"Tahun 2020 kemarin, calon Tamtama yang ikut dalam alokasi sembilan orang, bisa masuk pendidikan delapan orang. Jadi delapan orang putra daerah ini kembali berdinas di Makodim 0414 Belitung," ujar Letkol Inf Mustofa Akbar.


Letkol Inf Mustofa Akbar berharap kedepannya minat para pelajar untuk mengikuti seleksi prajurit TNI AD semakin meningkat. (fat)