Ticker

6/recent/ticker-posts

BELITUNG KEMBALI TERIMA 800 VAKSIN SINOVAC, DIJAGA KETAT PIHAK KEPOLISIAN DAN TNI

Kedatangan vaksin Sinovac Covid-19 di Belitung.
SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Sebanyak 800 vaksin Sinovac Covid-19 tiba di Kabupaten Belitung, Selasa (26/1/2021) sore. Kedatangan vaksin ini mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian.


Setiba di Negeri Laskar Pelangi, vaksin tersebut selanjutnya disimpan didalam refrigerator (lemari pendingin) yang berada di gudang Farmasi milik Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung.


Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Joko Sarjono mengatakan, vaksin yang tiba hari ini merupakan pengiriman tahap pertama termin kedua.


Selain itu, lanjutnya, pengiriman vaksin termin kedua masih diprioritaskan bagi tenaga kesehatan, mencukupi kekurangan pada pengiriman yang pertama beberapa waktu lalu.


"Jadi masih untuk tenaga kesehatan, karena sebagian tenaga kesehatan kita di rumah sakit ataupun klinik swasta belum menerima suntik vaksin," kata Joko Sarjono kepada wartawan, Selasa (26/1/2021).


Pendistribusian vaksin termin kedua ini rencananya akan dilaksanakan pada Kamis (28/1/2021) dan pelaksanaan penyuntikan vaksin pada Jumat (29/1/2021).


Lokasi pendistribusiannya di sembilan puskesmas, sedangkan di Kecamatan Tanjungpandan dipusatkan di tiga tempat, yakni Puskesmas Tanjungpandan, Air Saga, dan Perawas.


"Jadi para tenaga kesehatan nantinya akan langsung ke tempat itu (puskesmas, red)," ujar Joko Sarjono.


Sementara itu Kabag Ops Polres Belitung Kompol Poltak ST Purba menambahkan, terkait pengamanan untuk vaksin Covid-19 ini akan dijaga oleh personel gabungan yang terdiri dari Polres, Brimob, dan TNI.


"Untuk produk yang dikirim hari ini masih sama yakni merek Sinovac," sebut Kompol Poltak ST Purba. (fat)