Ticker

6/recent/ticker-posts

TINJAU PELAKSANAAN PILKADA DI BELTIM, GUBERNUR MINTA SELEBRASI KEMENANGAN DI MEDSOS SAJA

Gubernur Babel Erzaldi Rosman saat meninjau pelaksanaan
Pilkada Beltim 2020. SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

MANGGAR, SATAMEXPOSE.COM - Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan mengimbau kepada pemenang Pilkada Belitung Timur maupun di wilayah lain di Babel agar tidak berlebihan dalam melakukan selebrasi kemenangan.


Hal tersebut disampaikan Erzaldi Rosman Djohan saat meninjau TPS 4 di Desa Padang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur, Rabu (9/12/2020). Peninjauan itu didampingi Kapolda Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, Danrem 045/Gaya Brigjen TNI Mathius Jangkung serta unsur Forkompimda lainnya.


"Selebrasinya di media sosial saja, jangan timbulkan keramaian. Karena harus menjaga protokol kesehatan, mengingat masih suasana pandemi, serta kasus Covid-19 di Bangka Belitung akhir-akhir ini terus meningkat," kata Erzaldi Rosman Djohan kepada awak media, Rabu (9/12/2020).


Mantan Bupati Bangka Tengah ini menilai, partisipasi pemilih di TPS setelah ditinjau sangat baik karena mampu menjaring pemilih lebih dari 80 persen. Ia mengatakan saat pukul 10.00 partisipasi pemilih sekitar 60 persen dan pukul 12.00 mencapai 80 persen.


Selain itu, lanjutnya, terpantau pelaksanaan Pilkada di Beltim dan daerah lainnya dalam penerapan protokol kesehatan sudah baik. "Hal ini perlu apresiasi agar pemilih merasa aman dan nyaman saat memilih di bilik suara," ujar Erzaldi Rosman Djohan.


Sementara itu, Kapolda Babel Irjen Pol Anang Syarif Hidayat mengatakan, dari laporan para kapolres bahwa semua pelaksanaan pilkada berjalan aman dan tidak ada kejadian yang menonjol sampai sekarang.


Terkait dengan cuaca yang buruk menurutnya tidak berpengaruh banyak terhadap proses pemilihan. Ia berharap semoga partisipasi pemilih lebih dari 80 persen.


"Harapannya sama atau bahkan lebih dari pemilu lalu dengan 82 persen lebih partisipasi pemilih. Karena semakin tinggi partisipasi pemilih maka pemimpin yang terpilih legalitasnya makin terjamin," harap Irjen Pol Anang Syarif Hidayat.


Sementara itu Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah juga melakukan peninjauan di beberapa TPS di Gantung dan Manggar. Ia menilai pelaksanaan pesta demokrasi sudah baik dari segi penerapan protokol kesehatan.


"Awalnya mau ditunda lagi. Tapi Alhamdulilah, hari ini dapat kita lihat bahwa pelaksanaan berjalan sesuai protokol kesehatan. Diharapkan bisa aman dan lancar sampai nanti selesai," kata Abdul Fatah.


Abdul Fatah mengatakan berdasarkan hasil tinjauan partisipasi pemilih cukup tinggi sekitar 60-70 persen. Ia juga optimis bahwa partisipasi pemilih pada Pilkada Beltim 2020 bisa di atas target nasional.


"Dengan tingkat keamanan di TPS seperti ini kita optimis bisa lebih dari 80 persen pemilih," ujar Abdul Fatah. (fat)