Ticker

6/recent/ticker-posts

TIM DARI KEMENDAGRI PANTAU LANGSUNG PERSIAPAN PILKADES DI MEMBALONG, BEGINI PENILAIANNYA!

Sekda Belitung MZ Hendra Caya saat mendampingi tim
pemantau Pilkades dari Kemendagri. IST

MEMBALONG, SATAMEXPOSE.COM - Tim dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) didampingi unsur Forkompimda Kabupaten Belitung memantau persiapan Pilkades Serentak di Membalong, Sabtu (19/12/2020).


Pemantauan ke sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) tersebut guna memastikan proses pilkades berjalan lancar dan sesuai dengan protokol kesehatan.


Proses pemantauan dilakukan dengan memastikan unsur 4M telah disiapkan panitia pemilihan suara. Setidaknya ada 15 desa di Belitung yang melakukan pilkades besok, Minggu (20/12/2020).


Tim pemantau Pilkades dari Kemendagri Achmad Rizki Rifani mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan persiapan yang dilakukan di sejumlah TPS sudah sangat baik, khususnya dari penerapan protokol kesehatan.


Dari beberapa TPS yang dikunjungi, semua sudah memenuhi amanat di Pasal 44 (a) Permendagri No 72 Tahun 2020 tentang Pilkades yang muatannya adalah penerapan protokol kesehatan.

 

Selain itu, lanjutnya, berdasarkan Permendagri No 72 Tahun 2020 juga membatasi jumlah DPT dalam satu TPS. Tiap TPS tidak boleh melebihi 500 daftar pemilih tetap.


"Diharapkan pada proses Pilkades yang akan berlangsung besok tidak terjadi sengketa, serta partisipasi masyarakat dalam mencoblos tinggi," kata Achmad Rizki Rifani dilansir dari rilis Diskominfo Kabupaten Belitung, Sabtu (19/12/2020).


Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung MZ Hendra Caya menambahkan, dari pemantauan TPS di 4 desa dipastikan sudah siap untuk melaksanakan pemilihan.


"Empat TPS yang kita lihat hari ini ini sudah siap untuk melaksanakan Pilkades Serentak besok. Tentunya kita berharap pelaksanaan bisa berjalan dengan baik, dan yang penting masyarakat tidak terjadi kerumunan," kata MZ Hendra Caya.


MZ Hendra Caya meminta proses pemilihan dapat berjalan baik, serta masyarakat dapat menghindari kerumuman. Mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19. (*/fat)