Ticker

6/recent/ticker-posts

CIPTAKAN 24 INOVASI PELAYANAN, KANTOR IMIGRASI KELAS II TPI TANJUNGPANDAN RAIH PREDIKAT WBBM

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan
Dewanto Wisnu Raharjo (tengah) menerima piagam
penghargaan WBBM. IST

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan menorehkan sebuah prestasi yang membanggakan dipenghujung 2020.


Pasalnya satuan kerja di bawah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung tersebut berhasil menyabet predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Senin (21/12/2020).


Acara apresiasi dan penganugerahan zona integritas menuju WBK/WBBM dilaksanakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) secara virtual.


Sedangkan di Jakarta, acara digelar di Hotel Fairmont secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan. Sejumlah menteri dan pimpinan lembaga ikut hadir. Wakil Presiden RI KH Maruf Amin turut hadir terpisah secara virtual.


Dalam sambutannya, KH Maruf Amin menyebut bahwa reformasi birokrasi merupakan pilar penentu tercapainya visi Indonesia maju. Keberhasilan reformasi birokrasi ini tentunya harus didukung dengan upaya yang serius dalam membangun zona integritas WBK-WBBM.


"Selamat kepada para peraih penghargaan. Semoga prestasi ini terus dipertahankan dan menjadi inspirasi bagi unit kerja yang lain," kata KH Ma'aruf Amin dilansir dari rilis Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan yang diterima SatamExpose.com, Senin (21/12/2020).


Plt Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas, dan Pengawasan Kemenpan RB Jufri Rahman menilai, WBBM merupakan predikat prestisius yang diberikan oleh pemerintah melalui Kemenpan RB atas keberhasilan instansi pemerintah dalam membangun zona integritas melalui berbagai aspek area perubahan.


Selain itu, kata dia, secara khusus untuk layak mendapatkan predikat ini, unit kerja harus memiliki berbagai inovasi pelayanan yang berdampak langsung bagi kemudahan pelayanan yang diterima masyarakat.


Seleksi ketat dan panjang telah dilakukan Kemenpan RB sejak awal tahun. Pada 2020 ini setidaknya ada 3.691 unit kerja yang diusulkan ke Tim Penilai Nasional Kemenpan RB.


"Yang lolos ke tahap evaluasi TPN ada 2.570 unit kerja. Terakhir, yang menjadi pemenang penghargaan ada sejumlah 763 unit kerja dengan rincian 681 untuk WBK dan 82 untuk WBBM," sebut Jufri Rahman.


Sementara itu Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan Dewanto Wisnu Raharjo mengungkapkan, torehan prestasi ini sangat membanggakan sejalan dengan percepatan perubahan yang dilakukan.


Tahun lalu, kata dia, untuk kali pertama, meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Ditahun kedua, Kantor Imigrasi Tanjungpandan juga langsung meraih predikat WBBM.


Dewanto Wisnu Raharjo mengaku torehan prestasi ini tentu tidak hadir begitu saja, sebab butuh perjuangan yang panjang. Berbagai upaya perubahan telah banyak dilakukan, semua berorientasi pada kemudahan pelayanan bagi masyarakat.


"Kita punya 24 inovasi pelayanan, 4 diantaranya inovasi unggulan. Salah satunya inovasi pelayanan paspor di pulau sekitar Belitung, namanya Mendanau, Melayani Antar Desa dan Pulau," kata Dewanto Wisnu Raharjo.


Dirinya berharap dengan torehan prestasi ini, Imigrasi semakin termotivasi untuk menuju lebih baik lagi pasca diraihnya predikat WBBM. Mengingat para peraih penghargaan WBK/WBBM merupakan unit percontohan.


"Alhamdulillah. Kedepan tentunya kami akan terus berupaya menularkan virus perubahan ini," tutur Dewanto Wisnu Raharjo. (fat)