Ticker

6/recent/ticker-posts

BURHANUDDIN-KHAIRIL ANWAR RAUP 53,8 PERSEN SUARA BELTIM, KPU TUNGGU PENETAPAN CALON TERPILIH


Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pilkada Belitung Timur 2020.

MANGGAR, SATAMEXPOSE.COM – Pasangan Calon Bupati dan Wabup Beltim nomor urut 01 Burhanuddin-Khairil Anwar unggul dalam perolehan suara Pilkada Beltim 2020.

 

Hal ini terlihat dalam rapat pleno rekapitulasi suara Pilkada Beltim 2020 yang digelar KPU di Gedung Zahari MZ, Minggu (13/12/2020). Pasangan ini meraup 36.255 suara atau 53,8 persen suara.

 

Sedangkan Paslon Bupati dan Wabup Beltim nomor urut 02 Yuri Kemal Fadlulah dan Nurdiansyah hanya memperoleh 31.087 suara atau 46,2 persen suara.

 

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 89790, sedangkan suara sah 67.342 dan suara tidak sah sebanyak 2.224. Jumlah pemilih yang tidak menggunakan hak suaranya mencapai 20.224.

 

"Jadi rekapitulasi sudah dilaksanakan, hasilnya sudah keluar dan disampaikan. Silahkan masyarakat atau pun teman-teman media artikan sendiri," kata ketua KPU Kabupaten Belitung Timur Rizal kepada wartawan usai rapat pleno, Minggu (13/12/2020) malam.

 

Rizal mengatakan terkait penetapan calon terpilih, pihaknya belum bisa mengambil keputusan, karena terlebih dahulu akan dilakukan rapat pleno penetapan calon terpilih.

 

"Jadi ini baru rekapitulasi, intinya silahkan artikan sendiri. Tapi secara resmi KPU belum dapat menyampaikan, karena ada satu kali lagi proses yakni penetapan calon terpilih," ucap Rizal.

 

Rizal menambahkan terkait pleno penetapan calon terpilih, KPU akan terlebih dahulu menunggu register dari Mahkamah Konstitusi (MK).

 

Ketika ada gugatan di Belitung Timur, KPU akan mengikuti proses. Namun apabila tidak ada, beberapa hari setelah keluar register, KPU baru bisa menetapkan calon terpilih.

 

"Terkait pelantikan kami tidak mempunyai wewenang, karena pelantikan ranahnya Gubernur dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri)," ujar Rizal. (fat)