Ticker

6/recent/ticker-posts

ADA MASYARAKAT MEMBUTUHKAN TAPI TAK TERIMA BANTUAN, AAN MINTA DATA PENERIMA BANSOS DIPERBAHARUI

Burhanuddin saat Rapat Koordinasi Penguatan Kapasitas
Sekretariat TKPK dan Puskessos. IST

MANGGAR, SATAMEXPOSE.COM – Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Belitung Timur Burhanuddin menginstruksikan agar data penerima bantuan sosial pemerintah dapat terus diperbaharui.


Pasalnya di lapangan masih ada warga yang benar-benar membutuhkan namun belum pernah menerima bantuan dari pemerintah.


Hal itu disampaikan Burhanuddin usai membuka Rapat Koordinasi Penguatan Kapasitas Sekretariat TKPK dan Puskessos di Ruang Rapat Gunung Lumut Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Beltim, Selasa (15/12/20).


“Ada warga yang tidak pernah dapat bantuan. Dia memang benar-benar dak mampu tapi tidak pernah digubris karena tidak pernah masuk dalam data,” kata pria yang akrab disapa Aan.


Menurutnya harus ada perbaikan dalam data penerima bantuan. Terlebih tahun depan masih banyak bantuan bagi masyarakat terutama untuk menjaga stabilitas ekonomi dan daya beli masyarakat.


“Bantuan-bantuan pemerintah kedepan itu harus disesuaikan dengan data, harus tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat guna. Tinggal di level desa, dusun dan RT harus mulai bekerjasama untuk melakukan updating data, karena merekalah yang tahu warganya,” kata Aan.


Basis Data Terpadu yang selama ini digunakan sebagai dasar pemberian bantuan masih memakai data yang lama, sehingga sangat perlu untuk diperbaharui.


“Data global dari Pusdatin ini kan data lama, kita verifikasi. Dak mungkin kemiskinan diwariskan artinya kalau orangnya dak ada atau sudah meninggal masak harus kita alihkan ke anaknya,” ujar Aan. (*/als)