Ticker

6/recent/ticker-posts

SEBANYAK 21 UMKM YANG LAHIR PADA MASA PANDEMI TURUT RAMAIKAN BELITUNG EXPO 2020

Bupati Belitung Sahani Saleh gunting pita tanda
dibukanya Belitung Expo 2020.
SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan 

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Setidaknya ada 21 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang baru muncul saat pandemi Covid-19 ini.

 

UMKM yang baru muncul tersebut turut serta meramaikan kegiatan Belitung Expo 2020 yang digelar Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung di Pantai Wisata Tanjungpendam.

 

Kepala Dinas KUMKMPTK Kabupaten Belitung Adnizar menyebutkan, kegiatan yang berlangsung selama lima hari hingga Kamis (26/11/2020) mendatang ini bisa memulihkan perekonomian dalam masa pandemi.

 

"Tujuan diadakan event ini dalam upaya fokus pemulihan ekonomi supaya UMKM bisa bergerak, berkreasi, dan tidak terpuruk. Sehingga terjadi perputaran ekonomi," kata Adnizar.

 

Kegiatan tahunan yang digelar bekerjasama dengan Cipta Kreasi Expo ini diikuti sebanyak 120 stan. Stan-stan tersebut dibagi menjadi tujuh kluster.

 

Diantaranya kluster pedagang kaki lima (PKL), barista, hotel, umum, tanaman hias, halal food street, dan UMKM. Stan-stan tersebut mulai beroperasi pada pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

 

Adnizar mengatakan, pelaksanaan Belitung Expo tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Pasalnya penyelenggara tidak menyertakan kementerian maupun daerah lain sebagai peserta untuk antisipasi agar tidak terjadi penyebaran Virus Corona.

 

Selain itu Belitung Expo biasanya diadakan saat Hari Jadi Kota Tanjungpandan, namun ditunda hingga digelar pada November ini karena adanya pandemi Covid-19. (fat)