Ticker

6/recent/ticker-posts

PEMUKULAN GONG TANDAI DIBUKANYA BELITUNG EXPO 2020, SANEM HARAP MASYARAKAT LEBIH BERINOVASI LUNCURKAN PRODUK

Bupati Belitung Sahani Saleh memukul gong untuk
menandai dibukanya Belitung Expo 2020.
SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Pemukulan gong dan pengguntingan pita oleh Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) menandai pembukaan Belitung Expo di Pantai Wisata Tanjungpendam, Minggu (22/11/2020).


Kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung yang bekerja dengan PT Cipta Kreasi Expo ini akan berlangsung sampai Kamis (26/11/2020) mendatang.


Setidaknya 120 stan mengikuti acara tersebut yang dibagi dalam tujuh kluster. Diantaranya kluster pedagang kaki lima (PKL), barista, hotel, umum, tanaman hias, halal food street dan UMKM yang lahir dimasa pandemi Covid-19.


Stan-stan tersebut setiap harinya mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB selama pelaksanaan Belitung Expo.


Penampilan tari dalam pembukaan
Belitung Expo 2020.
SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

Sanem dalam sambutannya mengatakan, Belitung Expo biasanya digelar bertepatan dengan Hari Jadi Kota Tanjungpandan (HJKT). Namun tahun ini tertunda karena berkaitan dengan adanya pandemi Covid-19.


Sanem menilai ada beberapa hal dan perbedaan Belitung Expo untuk tahun 2020 ini dengan tahun-tahun sebelumnya, salah satunya tidak dihadirinya stan-stan dari daerah lain.


Kendati demikian, dirinya berharap Belitung Expo 2020 ini akan menjadi lebih luas dan besar dari tahun-tahun sebelumnya. Yakni masyarakat lebih berinovasi lagi untuk meluncurkan produk UMKM.


Sehingga bisa menopang ketahanan pangan, khususnya bagi anak muda untuk menciptakan pekerjaan melalui inovasi UMKM. Hal ini bertujuan agar lapangan pekerjaan semakin terbuka.


"Tahun ini kita tidak mengundang karena pandemi Covid 19. Meskipun demikian Belitung Expo tahun ini diharapkan akan lebih besar dan meluas," kata Sanem di hadapan para tamu undangan, Minggu (22/11/2020).


Sanem juga mengingatkan kepada masyarakat atau pelaku UMKM agar senantiasa dan terus memperhatikan protokol kesehatan. Dikarenakan beberapa hari belakangan pasien terkonfirmasi Covid-19 terus bertambah.


"Jadi selama pelaksanaan, kita harus betul-betul mengacu kepada protokol kesehatan penanganan Covid-19," ujar Sanem.


Pembukaan Belitung Expo ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Isyak Meirobie, Ketua DPRD Ansori, Kajari Ali Nurudin, Dandim 04/14 Letkol Inf Mustofa Akbar, unsur Forkopimda, dan tamu undangan lainnya. (ikl/fat)