Ticker

6/recent/ticker-posts

LAKUKAN LAWATAN KE BELITUNG, SANDIAGA UNO SAMBANGI USAHA KECIL YANG DIJALANKAN RATUSAN TAHUN

Sandiaga Uno mengaduk adonan saat kunjungi
UMKM di Belitung.
SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Sandiaga Uno kembali melakukan lawatan ke Kabupaten Belitung, Jumat (30/10/2020). Pengusaha dan politikus ini mengunjungi rumah produksi UMKM Abon Cap Dua Ikan di Jalan Yos Sudarso, Tanjungpandan.

 

Mengenakan kemeja putih dipadu dengan jeans cream cokelat muda, ia beserta rombongan langsung disambut pemilik UMKM Abon Cap Dua Ikan Cun Lan. Ia sempat berbincang mengenai UMKM tersebut, termasuk mempertanyakan kondisi penjualan dimasa pandemi Covid-19 saat ini.

 

Ia bahkan melihat proses pembuatan abon ikan, hingga mencoba mengaduk adonan yang tengah dimasak. Kemudian dia mencicipi Mie Ayam Jamur yang juga dijual di tempat UMKM ini.

 

Sandiaga Uno mengatakan, usaha Bu Cun Lan merupakan UMKM yang membuka lapangan kerja luas sehingga harus diselamatkan. Yakni dengan menggiatkan pariwisata dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

 

"Kita ingin mendukung pemulihan yang ada ekonomi masyarakat khususnya di akar rumput, karena tulang punggung ekonomi kita adalah pelaku usaha seperti Bu Cun Lan dan mie ayam jamur," kata Sandiaga Uno, Jumat (30/10/2020).

 

Sandiaga Uno berpesan kepada pelaku usaha agar mulai beradaptasi dalam masa pandemi ini. Terlebih saat ini era digital, sehingga penjualan bisa lebih banyak menggunakan media sosial dan e-commerce.

 

Pria yang pernah mencalonkan diri sebagai wakil presiden ini juga menekankan adanya peningkatan kemasan produk yang dinilai tak kalah penting. Usaha produk makanan bisa semakin naik kelas dengan kemasan yang lebih kekinian.

 

"Beberapa pembaharuan, adaptasi terhadap selera pasar sekarang. Membentuk komunitas-komunitas reseller karena ini enak banget, mie enak, abonnya luar biasa. Kalau banyak reseller, peningkatan penjualan akan lebih terasa dan bisa menggerakkan ekonomi, membuka lapangan kerja secara lebih luas," papar Sandiaga Uno.

 

Sandiaga Uno memprediksi pandemi Covid-19 akan berlangsung lama. Sehingga masyarakat harus sabar, disiplin, dan mematuhi protokol kesehatan secara ketat dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

 

Rumah produksi abon ikan yang dikunjungi Sandiaga Uno adalah usaha ratusan tahun yang telah dikelola tiga generasi. Pemiliknya saat ini Cun Lan mengatakan usaha Abon cap Dua ikan telah digelutinya selama 43 tahun.

 

Bahkan produk abon ikannya telah merambah pasar pasar internasional dengan ekspor ke Hongkong dan China. Dalam sekali produksi ia mampu membuat 400 kilogram abon ikan yang cukup memenuhi pesanan selama sepekan.

 

"Tapi sejak corona agak lambat dan tidak banyak stok. Hongkong pun berkurang, karena orang yang datang ke sana mungkin kurang. Tapi masih ada yang beli, termasuk masyarakat lokal," ucap Cun Lan. (fat)