November 02, 2020

KUNJUNGI KAMPUNG NELAYAN TANJUNG BINGA, SANDIAGA UNO TAMPUNG KELUHAN PARA NELAYAN

Sandiaga Uno saat mengunjungi Kampung Nelayan di
Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Belitung.
SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

SIJUK, SATAMEXPOSE.COM - Sandiaga Uno didampingi istri dan rombongan mengunjungi warga kampung nelayan Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk dalam lawatan hari keduanya di Belitung, Sabtu (31/10/2020).

 

Setiba di lokasi, pengusaha sekaligus politikus ini disambut oleh Kades Tanjung Binga Tarrape beserta masyarakat. Ia bahkan mencicipi hidangan lakse dan mie rebus belitung yang telah disiapkan.

 

Berbagai macam keluhan disampaikan oleh masyarakat nelayan setempat. Diantaranya pabrik pengolahan, coldstorage, bantuan biaya operasional pengiriman untuk hasil tangkapan.

 

Pabrik pengolahan menjadikan hasil tangkapan tidak hanya dibuat ikan asin, sehingga memiliki nilai jual tinggi. Nelayan juga keluhkant beroperasinya kapal-kapal besar yang sempat mengkhawatirkan nelayan tradisional beberapa waktu lalu.

 

Sandiaga Uno menyebut masalah dan keluhan masyarakat ini akan langsung diupayakan solusinya, langkah konkretnya yakni akan berkoordinasi dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

 

"Kebetulan kawan dekat saya, sahabat saya, untuk mengatur satu sistem yang lebih berkeadilan. Nelayan ini minim akses peralatan, alat-alat tangkap, dan minim akses alat-alat produksi, minim modal," kata Sandiaga Uno kepada wartawan Sabtu (31/10/2020).

 

Sandiaga Uno mengatakan pasca melihat langsung aktivitas nelayan di Tanjung Binga, ia optimistis bahwa meski di tengah pandemi dan melambat ekonomi, masyarakat masih terus bekerja keras, bersemangat, dan berdedikasi.

 

Ia juga akan hadir mendorong langkah konkret ini, karena butuh lapangan kerja seluas-luasnyaa untuk anak muda khususnya di Tanjung Binga, sehingga tidak meninggalkan usaha kelautan dan perikanan

 

"Kita harus cepat merealisasikan segala bentuk kolaborasi, baik bantuan pemerintah maupun juga kolaborasi dengan dunia usaha, butuh investor datang ke sini," ujar Sandiaga Uno.

 

Sandiaga Uno menambahkan potensi hasil laut di desa Tanjung Binga sangat luas, beberapa produk juga akan langsung dipasarkan ke Jakarta.

 

Ia mengaku sangat semangat dan optimis beberapa produk ingin langsung ke pasar Jakarta melalui Nur Corner melalui Ibu Nur Asia, karena kita juga melihat usaha mikro ini bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

 

"Saya ikut juga beberapa kegiatan pariwisata disini, tapi akan perluas jangkauan untuk membina sisi kelautan dan perikanan. Jadi kita akan membawa beberapa investor termasuk saya sendiri akan menjajaki," ucap Sandiaga Uno. (fat)

 

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.