November 15, 2020

DUA EVENT OLAH RAGA NASIONAL BAKAL DIGELAR DI BELITUNG PADA 2021 MENDATANG

Eksibisi Geopark Ultra Run beberapa waktu lalu. IST

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Dua agenda olah raga bertaraf nasional bakal digelar di Belitung pada 2021 mendatang. Kedua event tersebut yakni voli pasir Popnas dan Geopark Ultra Run.


Bahkan Geopark Ultra Run sudah melakukan eksibisi beberapa waktu lalu. Satu cabang dalam Pekan Olah Raga Pelajar Nasional (Popnas) yakni voli pasir juga dipastikan digelar di Belitung.


Kepala Dispora Kabupaten Belitung Soebagio mengatakan, tim penyelenggara sudah melakukan pertemuan (audiensi) dengan Bupati Belitung Sahani Saleh.


“Beberapa waktu lalu technical delegate-nya sudah hadir, ada satu tim FO yang membawa karena akan dikolaborasikan dengan Festival Maritim, ada event voli pasir tingkat Asia-Pasifik,” sebut Seobagio.


Menurutnya, pemerintah tinggal menyiapkan anggaran dua event besar tersebut. Terlebih, kegiatan tersebut akan dikolaborasikan dengan event voli pasir tingkat Asia Pasifik.


Selain itu, lanjutnya, dalam rangka turut mempromosikan pariwisata Belitung dari segi sport tourism, diwujudkan event Belitung Beach Run 5K dengan melibatkan pelari lokal.


Sehingga tahun depan untuk meningkatkan kualitas event nasional bahkan internasional, wisatawan dan peserta dari luar akan datang sebanyak-banyaknya.


Sama seperti event sebelum Covid-19 yang secara normal seperti triathlon, kayak marathon, stand up paddle, dan barongsai yang semuanya kategori internasional.


"Memang tahun ini kami anggarkan, namun karena Covid-19 semuanya refocusing, kalender internasional sebenarnya masih ada," sebut Soebagio.


Meski sebagai event lokal, namun perlombaan lari itu juga sebagai wadah menemukan bibit atlet baru yang nantinya akan dibina dengan melibatkan organisasi teknis yakni PASI Belitung.


"Ketika Robi Sianturi belum menjadi siapa-siapa, ajang inilah menjadi salah satu dia bisa tampil, seperti hari ini dia tampil di Borobudur Runs, lari pagi," ujar Soebagio.


Soebagio menambahkan setiap mengadakan event, Dispora juga selalu mengevaluasi agar pada acara berikutnya bisa menghadirkan penampilan yang lebih baik, serta berdampak pada meningkatnya ketertarikan pelancong agar datang ke Belitung. (fat)

 

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.