Oktober 25, 2020

BEGINI TANGGAPAN WAGUB MENYOAL TRAGEDI TENGGELAMNYA KAPAL YANG DITUMPANGI ROMBONGAN ASN DINAS PMPTSP

Wagub Babel Abdul Fatah.
SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah menyampaikan duka citanya atas tragedi yang menimpa rombongan ASN Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

 

Dalam tragedi tersebut, Edi (43) yang merupakan salah satu ASN meninggal dunia. Kapal yang ditumpangi rombongan ini memancing tenggelam usai mengalami kebocoran.

 

"Tentunya kami merasa kehilangan dan turut berduka-cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya almarhum (Edi)," kata Abdul Fatah kepada wartawan, Jumat (23/10/2020).

 

Abdul Fatah mengatakan ketujuh ASN tersebut memang sedang menjalankan kegiatan dan koordinasi dari provinsi ke UPTD Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu di Belitung selama tiga hari.

 

Setelah menjalankan tugas, ketujuh ASN ini melakukan relaksasi dengan melakukan jalan-jalan ke perairan laut sekaligus diisi dengan kegiatan memancing.

 

Namun, kata Abdul Fatah, ketika di laut cuaca berubah menjadi buruk disertai dengan gelombang tinggi yang menyebabkan kapal yang ditumpangi tujuh ASN ini kandas dan mengalami kebocoran sehingga tenggelam.

 

"Mereka mencoba menyelamatkan diri, tapi kemungkinan almarhum kurang pandai berenang dan meregang nyawa," ujar Abdul Fatah.

 

Ketika ditanya kegiatan relaksasi dan memancing dari ketujuh ASN ini masih dalam jam kerja (dinas), Abdul Fatah menyebut pihaknya akan menanyakan terlebih dahulu kepada kepala OPD yang bersangkutan.

 

Apabila ada kaitannya dengan pelaksanaan tugas dinas, berarti ada konsekuensi positif. Yakni paling tidak akan diberikan kenaikan pangkat anumerta. Namun bila aktivitas yang dilakukan ketujuh orang ini diluar kepentingan dinas, akan diberikan pertimbangan lain.

 

"Tidak akan diberikan sanksi, apalagi almarhum. Karena apabila mereka ini melakukan plesir, itu sah-sah saja dan tidak menjadi persoalan," ucap Abdul Fatah dengan nada tinggi.

 

Abdul Fatah mengimbau kepada para ASN yang ingin melakukan kunjungan dan bermain ke pantai laut agar hati-hati, serta selalu memperhatikan cuaca agar kejadian tenggelam ini tidak terulang lagi.

 

"Tentunya ini menjadi pelajaran kita semua. Kedepannya agar betul-betul diperhatikan supaya tidak celaka," pesan Abdul Fatah. (fat)

 

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.