Oktober 18, 2020

ANSORI SEBUT PROSES PAW MASTOP BUTUH WAKTU DUA HINGGA TIGA BULAN, SIAPA PENGGANTINYA?

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Belitung
Ansori. SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - DPC PDI Perjuangan Kabupaten Belitung sedang merencanakan proses penunjukan calon pengganti H Mastop untuk duduk di kursi DPRD Kabupaten Belitung.

 

Seperti diketahui, H Mastop wafat beberapa waktu lalu dikarenakan sakit. Ia merupakan politisi sekaligus anggota Fraksi PDI Perjuangan yang duduk sebagai anggota Komisi I DPRD Kabupaten Belitung.

 

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Belitung Ansori mengatakan, pengusulan calon pengganti nantinya akan dibahas mulai dari tingkat bawah. Calon yang ditunjuk dipastikan merupakan anggota PDI Perjuangan.

 

"Untuk mekanisme Pergantian Antar Waktu (PAW). Dipastikan calon yang ditunjuk nantinya akan menduduki kursi hingga akhir jabatan tahun 2024," kata Ansori kepada SatamExpose.com, Minggu (18/10/2020).

 

Ansori menjelaskan, mekanisme PAW tersebut akan terlebih dahulu diajukan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP), setelah itu nama pengganti akan diberitahukan ke KPU.

 

Selanjutnya akan diserahkan ke Sekretaris Dewan (Sekwan) yang nantinya akan ditembuskan ke Gubernur Provinsi Babel untuk mendapatkan Surat Keterangan (SK).

 

"Jadi prosesnya membutuhkan waktu dua sampai tiga bulan. Untuk saat ini calon kandidat dan pengajuan belum berjalan, tapi secara aturan diambil suara terbanyak pada saat pemilihan tahun lalu, serta terlebih dahulu pengevaluasian dan keputusan dari pimpinan pusat," ujar Ansori.

 

Ansori juga menambahkan, dirinya belum bisa memastikan kapan proses pengajuan PAW calon pengganti. Dikarenakan terlebih dahulu akan dibahas secara internal mulai dari tingkat DPC, DPD Provinsi, hingga DPP.

 

Selain itu, lanjutnya, masalah lain seperti manuver tentunya akan muncul apabila SK sudah di Sekwan. Masalah itu seperti dipercepat ataupun diperlambat proses pelantikan yang tertuang dalam rapat Banmus nantinya.

 

"Seperti yang saya disampaikan tadi, PAW ini membutuhkan waktu, bukan serta merta tunjuk langsung selesai. Tapi terkait kandidat dipastikan harus anggota PDI Perjuangan, sesuai aturan diambil suara terbanyak dan sudah dievaluasi oleh pusat," ucap Ansori. (fat)



Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.