September 08, 2020

POLISI TERUS DALAMI KASUS PENGGELAPAN MOBIL RENTAL, PELAKU NGAKU GELAPKAN 7 MOBIL TAPI BARU SATU ORANG LAPOR

Tersangka dan barang bukti penggelapan saat di Polsek
Tanjungpandan. SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Unit Reskrim Polsek Tanjungpandan terus mendalami kasus dugaan penggelapan atau penipuan  mobil rental dengan tersangka Irfan Maulana (30).

 

Pasalnya warga Jalan Saidan, Kelurahan Parit, Tanjungpandan ini mengaku menggadaikaan tujuh unit mobil rental dan mendapat keuntungan Rp 80 juta. Padahal laporan yang masuk ke pihak kepolisian hanya dua unit mobil rental.

 

Meski sudah hampir satu pekan penyidikan polisi bergulir, namun belum ada penambahan jumlah pelapor. Kasus ini sendiri terbongkar setelah Suhendra melaporkan tersangka yang merental 2 unit mobil Toyota Avanza.

 

"Untuk sementara belum ada penambahan, masih tetap satu orang. Tapi kalau memang ada nantinya akan diterima dan ditindaklanjuti," kata Kanit Reskrim Polsek Tanjungpandan Ipda I Made Wisma kepada wartawan, Selasa (8/9/2020).

 

Ipda I Made Wisma mengimbau kepada masyarakat agar lebih teliti dan waspada apabila ingin menerima gadai ataupun membeli barang. Yakni dengan mengecek surat kepemilikan serta identitas pemilik terkait kevalidan barang tersebut.

 

Selanjutnya jika barang sudah berpindah tangan, harus dibuktikan dengan dokumen jual beli. Sehingga tidak menimbulkan masalah dikemudian hari dan harus jelas perjanjian untuk menghindari penipuan.

 

"Karena jika mengetahui barang yang digadai itu barang curian, maka penadahnya ada ancaman pidana," papar Ipda I Made Wisma.

 

Ipda I Made Wisma juga menyarankan kepada masyarakat yang menjadi korban tindak pidana agar tidak mudah memposting informasi di media sosial. Tindakan tersebut bisa menghambat proses pengungkapan kasus dan pengkapan tersangka.

 

"Saran saya lebih baik segera melapor kepada pihak berwajib atau kantor polisi terdekat. Apabila barang bukti cukup akan segera ditindaklanjuti," ujar Ipda I Made Wisma. (fat)

 

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.