September 07, 2020

DPRD TEGASKAN TAK ADA REVISI APBD PERUBAHAN 2020, KOMISI III MINTA LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN KONI

Suasana audiensi KONI, pengcab olahraga dan DPRD
Kabupaten Belitung, Senin (7/9/2020).
SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – APBD Perubahan Kabupaten Belitung 2020 dipastikan tidak akan direvisi dan berjalan sesuai mekanisme. Sehingga KONI dipastikan tak mendapatkan tambahan anggaran.

 

Hal ini diungkapkan Ketua DPRD Kabupaten Belitung Ansori saat ditemui SatamExpose.com di ruang kerjanya usai audiensi bersama pengurus KONI dan pengurus cabang (pengcab) olahraga, Senin (7/9/2020).

 

"Tidak ada revisi, tetap sesuai dengan mekanisme. Semuanya sudah dijelaskan dalam audensi tadi. Saya belum mau kasih statmen lebih jauh," kata Ansori.

 

Sebelumnya dalam audensi di Ruang Rapat Badan Musyawarah (Bamus), Ansori membantah pernyataan dilontarkan oleh Ketua KONI Amin Nurachman mengenai pencoretan anggaran.

 

Usulan KONI, kata Ansori, sebetulnya bukan dicoret, hanya saja tidak ditambah pada anggaran perubahan, namun pada anggaran induk APBD 2020 sudah diberikan sebesar Rp 1 miliar.

 

"Bukan dicoret, tidak ada dinolkan.Tapi kalau tidak ditambah pada ABT memang benar, dikarenakan induknya sudah kasih 1 miliar," papar Ansori di hadapan Ketua KONI dan pengcab pada audiensi.

 

Ansori menjelaskan, alasan Banggar DPRD Kabupaten Belitung tidak menyetujui usulan tersebut, karena sesuai dengan mekanisme dan runutan rapat pembahasan.

 

Sebelum dibahas Banggar, Komisi III DPRD Kabupaten Belitung sudah bertemu Dinas Pemuda dan Olahraga selaku OPD teknis untuk membicarakan semua usulan.

 

Berdasarkan risalah rapat, Komisi III meminta laporan pertanggungjawaban dari KONI terkait penggunaan anggaran KONI sebelumnya. Pertimbangan Banggar tersebut sesuai dengan peraturan yang ada.

 

Yakni berpedoman pada Permendagri No 32 Tahun 2011 Tentang Pedoman Pemberian Dana Hibah dan Bantuan Sosial serta Permendagri No 123 Tahun 2018 Tentang Perubahan Keempat Permendagri Nomor 32.

 

"Dalam rapat pembahasan di Banggar, DPRD menanyakan dengan tim TAPD, mereka sudah mengerti semua. Disitulah kami menyepakati tidak ada penambahan, bukan dicoret," jelas Ansori.

 

Ansori menambahkan dalam waktu dekat DPRD Kabupaten Belitung akan membahas rancangan anggaran induk APBD 2021. Ia menyarankan kepada 26 pengcab olahraga mengusulkan anggaran sesuai apa yang telah direncanakan.

 

"Apa saja keinginan KONI dan Pengcab, dipersilahkan menyampaikan sesuai tupoksinya secara profesional. Jangankan 2 miliar, 20 miliar pun siap kami eksekusi," ucap Ansori. (fat)

 

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.