Ticker

6/recent/ticker-posts

DINILAI BERPRESTASI DALAM KAIDAH TEKNIK PERTAMBANGAN, PT TIMAH TERIMA TROPI DARI KEMENTERIAN ESDM

Penyerahan tropi secara virtual dari Kementerian ESDM
kepada PT Timah atas kinerjanya tahun 2020. IST

PANGKALPINANG, SATAMEXPOSE.COM - PT Timah Tbk menerima tropi pengelolaan konservasi mineral dan batu bara dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

 

Penyerahan tropi tersebut dilakukan secara virtual ini sebagai penghargaan  atas prestasi penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Minerba yang Baik Tahun 2020.

 

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, kegiatan ini sebagai penyeimbang dari opini dan anggapan masyarakat tentang pertambangan di Indonesia.

 

“Saya menaruh harapan dengan suksesnya kegiatan ini, menjadi penyeimbang opini bagi masyarakat yang menganggap pertambangan adalah penyebab dari kerusakan lingkungan," ungkap Arifin Tasrif, Selasa (29/9/2020).

 

Ia berharap kepada seluruh badan usaha dan jasa pertambangan dapat menjadi role model dalam penerapan kaidah penambangan mineral dan batu bara yang baik dan benar.

 

Good mining practis untuk Indonesia dan masa depan,” tutup Arifin dalam kalimat akhir sambutannya.

 

Dalam acara virtual tersebut juga dibacakan nominasi penerima penghargaan dari beberapa aspek, yang tercantum nama badan usaha PT Timah Tbk penerima tropi pengelolaan konservasi mineral dan batu bara terbaik pada kelompok pemilik IUP.

 

Sementara Direktur Jendral Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Ridwan Dermawan mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun secara rutin sebagai penilaian kinerja terhadap kaidah penerapan pertambangan bagi badan usaha pertambangan di Indonesia.

 

“Acara ini adalah puncak dari penilaian kinerja yang disertai penyerahan penghargaan kepada para badan usaha yang berhak mendapatkannya,” tukas Ridwan.

 

Ia menambahkan, pelaksanaan acara tahun ini sedikit berdeda dengan sebelumnya karena pandemi Covid-19 belum usai. Kendati demikian, panitia bertekad tetap terus melakukan kegiatan ini dengan tetap menerapakan protokol kesehatan yang telah dianjurkan.

 

“Kami berharap dengan pelaksanan acara seperti ini, tidak mengurangi subtansi dan esensi serta semangat kita dalam menyukseskan acara pemberian penghargaan prestasi kaidah teknik pertambangan minerba yang baik,” ujarnya.

 

Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar penilaian pelaksanaan kinerja tahun 2020 bagi para badan usaha yang bergerak di bidang pertambangan dan jasa pertambangan.

 

Adapun tim juri kegiatan ini dari perwakilan akademisi dan praktisi yang berkompenten di didangnya, dengan dibagi menjadi tiga tahab penilaian yaitu, administrasi, verifikasi dan sidang pleno.

 

Ada lima aspek yang akan dinilai antara lain teknis pertambangan mineral dan batu bara, pengelolaan keselamatan kerja, pengelolaan lingkungan hidup, pengelolaan konservasi dan standarisasi dan usaha jasa mineral dan batu bara.

 

“Kami berharap kegiatan ini menjadi pemacu bagi badan usaha lainnya untuk menjalankan teknik pertambangan sesuai dengan standarnya,” harap Ridwan. (*/als)