Ticker

6/recent/ticker-posts

WASPADA! KETINGGIAN GELOMBANG LAUT MENCAPAI 2,5 METER, NELAYAN DIIMBAU BERHATI-HATI SAAT MELAUT

Ilustrasi gelombang tinggi. Net

MANGGAR, SATAMEXPOSE.COM – Nelayan Belitung Timur yang biasa melaut di daerah timur dan utara Pulau Belitung diimbau untuk mewaspadai gelombang tinggi akibat angin timur.

 

Gelombang laut diperkirakan mencapai ketinggian mulai satu meter hingga dua setengah meter. Angin Timur yang bertiup dari Benua Australia (musim dingin) ke Benua Asia (Musim Panas) mengandung curah hujan yang sedikit karena melawati celah sempit dan gurun.   

 

Dikutip dari press realese Diskominfo Beltim, Kepala UPT Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tanjungpandan Carles mengatakan angin timuran berlangsung dari Juni, Juli hingga Agustus.

 

“Hasil citra satelit BMKG memperlihatkan Angin Timuran akan memicu ketinggian gelombang yang mencapai 1 sampai 2,5 meter. Angin akan bertiup kecang terutama di daerah pesisir,” ungkap Carles, Selasa (7/7/2020).

 

Cuaca ekstrem hanya terjadi di daerah bagian timur Pulau Belitung, seperti di Kecamatan Manggar, Damar dan Kelapa Kampit. Untuk itu nelayan diimbau agar lebih waspasda khususnya yang beroperasi di perairan timur atau Selat Karimata.

 

“Nelayan kita imbau lebih berhati-hati dengan tinggi gelombang yang ada. Karena disaat musim ini gelombang tinggi dan angin kencang dapat berhembus sewaktu-waktu,” kata Carles.

 

Carles mengatakan meski cuaca panas angin timur akan membuat curah hujan berkurang. Hal ini sesuai dengan karakteristik angin musim timur yang membawa angin musim dingin ke daerah panas.

 

“Juli sekarang ini sedang puncaknya, biasanya mau masuk kemarau atau kurang hujan. Kondisi ini akan terjadi hingga Agustus nanti,” jelas Carles. (*/als)