Ticker

6/recent/ticker-posts

DIDUGA BERASAL DARI PUNTUNG ROKOK, LAHAN DI AIK KETEKOK TERBAKAR

Petugas Damkar menjinakkan api di lahan kosong. IST

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Api melalap sebidang lahan di Jalan Aik Ketekok RT 11/03 Desa Aik Ketekok, Tanjungpandan, Belitung, Minggu (26/7/2020) sekira pukul 12.05 WIB.

 

Lahan yang berisi semak belukar ini diduga terbakar karena percikan api dari puntung rokok. Kondisi panas dan rerumputan kering di lahan milik Kodim 0414 Belitung ini membuat mudah terbakar.

 

Anggota Regu 3 Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Belitung Herli mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat dan langsung menuju ke lokasi kejadian dengan menurunkan satu armada dan tujuh personel.

 

"Setelah kurang lebih satu jam berjibaku, akhirnya api bisa dipadamkan tanpa ada korban jiwa," ungkap Herli saat dihubungi SatamExpose.com, Minggu (26/7/2020).

 

Pemadam Kebakaran Belitung mengimbau kepada masyarakat Belitung agar jangan membuang puntungan rokok sembarangan. Dikarenakan sekarang sudah mulai memasuki musim panas.

 

"Terkhusus dirumah agar tetap waspada, apabila keluar rumah jangan lupa mencabut perabotan berbau listrik yang bisa menyebabkan munculnya api," imbau Herli.

 

Beruntung tak ada korban dalam peristiwa ini. Lahan yang terbakar juga berjarak cukup jauh dari pemukiman warga. Petugas Damkar berhasil membuat api tak merembet ke lahan lain. (mg1)