Ticker

6/recent/ticker-posts

MULAI 1 JULI MENDATANG, MASYARAKAT BISA CETAK KK, AKTA KELAHIRAN HINGGA AKTA CERAI SENDIRI

Pelayanan di Disdukcapil Beltim. IST/Diskominfo Beltim


MANGGAR, SATAMEXPOSE.COM – Mulai bulan depan atau 1 Juli mendatang, masyarakat sangat mudah untuk mencetak Kartu Keluarga, Akta Kelahiran Kematian, Perkawinan dan Perceraian.

Pasalnya pencetakan tersebut tidak lagi akan menggunakan blanko khusus, namun cukup dengan menggunakan kertas HVS putih A4 ukuran 80 gram. Bahkan masyarakat bisa mencetak sendiri KK dan akta tanpa perlu harus ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Dikutip dari pers rilis Diskominfo Beltim, Plt Kepala Seksi Identitas Penduduk Disdukcapil Belitung Timur Hairulsyah mengatakan, hal itu sesuai dengan Permendagri No 109 Tahun 2019 Tentang Formulir dan Buku Yang Digunakan Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan.

“Cetak pakai A4 ini hanya untuk KK, Akta Kelahiran, Kematian, Perkawinan, Perceraian dan lain-lain. Kalau untuk KTP dan Kartu Identitas Anak masih sama,” ungkap Hairul, Senin (22/6/20).

Aturan baru ini untuk memudahkan pelayanan administrasi bagi masyarakat. Masyarakat kapan saja dan dimana saja bisa memperoleh layanan administrasi kependudukan.

“Pas Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK) kita di-upgrade ke versi 7.33 kan harus menggunakan email dan nomor hp, gunanya untuk penerbitan KK dan akta bisa dikirim ke email. Jadi dokumen dari email itu, masyarakat bisa men-download dan print sendiri tanpa perlu datang ke sini,” kata Hairul.

Sedangkan bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan akses internet dan kemampuan penggunaan tekhnologi, bisa tetap dilayani di Disdukcapil. Bahkan, Disdukcapil Beltim akan menyiapkan kios percontohan di tiga desa untuk membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan akses internet dan belum mempunyai email.

“Masyarakat yang masih bingung datang saja ke sini, saya langsung yang akan bantu mencetaknya. Nanti kita siapkan juga di tiga desa di Dendang, Simpang Pesak dan Kelapa Kampit yang kurang akses, masyarakat bisa dilayani di sana,” ujar Hairul. (*/als)