Juni 03, 2020

KODIM 0414 BELITUNG SIAPKAN RENCANA PENERAPAN NEW NORMAL, BAKAL SISIR TEMPAT KERAMAIAN WARGA

Dandim 0414 Belitung Letkol Inf Indra Padang.
SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan


TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Jajaran Kodim 0414 Belitung telah menyiapkan rencana penerapan program new normal yang diusung pemerintah pusat.

Dandim 0414 Belitung Letkol Inf Indra Padang mengatakan pada tahap awal pihaknya akan fokus pada sosialisasi secara masif kepada masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan.

"Rencana secara garis besar telah disiapkan, minggu ini akan mulai tahap sosialisasi. Dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung serta Polres," kata Indra Padang kepada SatamExpose.com, Selasa (2/6/2020).

Dalam penerapannya memang terdapat kedisiplinan, tetapi fokus pada new normal dengan menekankan bagaimana cara menumbuhkan kesadaran perorangan. Melalui kesadaran perorangan itu, diharapkan akan meluas mulai dari keluarga, lingkungan hingga seluruh masyarakat Belitung.

Ia menuturkan sederhananya penerapan protokol kesehatan itu nanti masyarakat akan terbiasa dengan pola hidup mengenakan masker saat bepergian, cuci tangan menggunakan sabun ataupun handsanitizer dan physical distancing.

"Nanti akan kami lakukan khusus dengan menyisiri titik keramaian seperti swalayan, pasar, tempat ibadah dan lainnya. Kami sudah inventaris untuk penerapan pendisiplinan ini," ujar Indra Padang.

Lanjutnya, terlepas dari berbagai rencana besar tersebut tingkat keberhasilannya tetap tergantung pada kesadaran masyarakat itu sendiri. Oleh sebab itu, tahap sosialiasi akan dilakukan secara masiv dan harus diyakini bahwa ini merupakan solusi terbaik.

"Sekarang ini tingkat ekonomi masyarakat sudah cukup memprihatinkan, dari data yang ada untuk Kabupaten Belitung saja yang di rumahkan itu ada 1.200 orang, yang di PHK sekitar 70 orang. Kalau dibiarkan tentunya akan terpukul untuk Kabupaten Belitung," papar Indra Padang.

Indra menambahkan kedisiplinan protokol kesehatan juga diharapkan mampu mengubah mindset dan menjadi gaya hidup masyarakat. Disamping itu didukung pola hidup sehat seperti rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi.

"Normal itu ketika kita bisa bertemu orang lain dengan bebas tanpa masker, cuci tangan atau jaga jarak, tapi sekarang kita sudah meninggalkan normal menjadi new normal. New normal itu selalu menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun dan physical distancing, ini diharapkan bisa jadi gaya hidup," pungkas Indra Padang. (mg1)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.