Ticker

6/recent/ticker-posts

TINGGAL SATU PASIEN MASIH POSITIF COVID-19, SAHANI SALEH BERHARAP BELITUNG KEMBALI JADI ZONA HIJAU

Ilustrasi Covid-19. Net


TANJUNGPANDAN,SATAMEXPOSE.COM – Dari empat pasien yang dinyatakan positif Corona Virus Disease (Covid-19), tinggal satu pasien yang masih dinyatakan belum sembuh. Tiga pasien lainnya sudah dinyatakan sembuh.

Pasien tersebut merupakan Pasien 138, seorang wanita berumur 44 tahun. Hasil pemeriksaan swab tenggorokan kelima dan keenam pasien ini masih dinyatakan positif oleh Puslitbangkes Biomedis dan Tekhnologi Kesehatan Kemenkes RI.

Pasien 138 merupakan kerabat dekat Pasien 440 dan tinggal di rumah yang sama. Pasien keempat atau terakhir yang dinyatakan Covid-19 di Belitung ini merupakan hasil tracking dari Pasien 034.




Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang juga Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) menyebutkan, pasien tersebut masih tetap menjalani perawatan sesuai protap penanganan Covid-19 hingga sembuh.

"Ya hasilnya tetap positif. Pasien ini (138, red) merupakan tracking dari Pasien 034 yang dinyatakan Covid-19 pertama di Belitung," kata Sanem saat mengumumkan perkembangan Covid-19 di Belitung, Jumat (1/5/2020).

Sebelumnya dua pasien positif Covid-19 di Kabupaten Belitung, yakni Pasien 034 dan Pasien 440 dinyatakan sembuh total. Kabar gembira ini diketahui setelah RSUD dr H Marsidi Judono (RSMJ) menerima hasil pemeriksaan swab dari Puslitbangkes Biomedis dan Tekhnologi Kesehatan Kemenkes RI.

Hasil pemeriksaan swab milik Pasien 034 yang merupakan pria berumur 54 tahun tersebut merupakan pemeriksaan swab ketujuh dan kedelapan. Sedangkan hasil pemeriksaan Pasien 440 yang merupakan perempuan umur 21 tahun merupakan pemeriksaan swab keempat dan kelima.




Pasien pertama dan ketiga dinyatakan Covid-19 di Belitung ini memiliki hasil pemeriksaan swab negatif dua kali berturut-turut. Sehingga keduanya dinyatakan sembuh.

"Ya Alhamdulilah hasilnya negatif," kata Sanem saat mengumumkan perkembangan Covid-19, Jumat (1/5/2020).

Dengan adanya hasil ini, total sudah ada tiga pasien dari empat pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh. Sebelumnya Pasien 211 yang merupakan pria berumur 34 tahun juga dinyatakan sembuh.




Sanem berharap Kabupaten Belitung kembali menjadi zona hijau Covid-19 setelah semua pasien dinyatakan negatif. Ia meminta masyarakat menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran yang telah ditetapkan.

"Hal ini sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19. Sehinga Pulau Belitung dapat kembali menjadi zona hijau," ucap Sanem. (mg1)