Ticker

6/recent/ticker-posts

PEMKAB BELITUNG PERBOLEHKAN OBYEK WISATA KEMBALI BUKA MESKI MASA PANDEMI COVID-19 BELUM BERLALU

Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem).
SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Bupati Belitung Sahani Saleh mempersilahkan kembali obyek-obyek wisata buka meski pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) masih berlangsung.

Pembukaan akan diberlakukan pada momen liburan Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriyah mendatang. Sahani Saleh menilai Kabupaten Belitung berhasil dalam upaya penanganan Covid-19 dengan kesembuhan semua pasien positif.

Walaupun sudah berhasil melakukan penanggulangan Covid-19 dan tempat wisata akan dibuka, pemda akan tetap mengawasi dan memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan.

Meski obyek wisata kembali buka, namun pemerintah masih akan tetap menutup tempat hiburan malam (THM) dan kawasan wisata Pantai Tanjungpendam.

“Jadi objek pariwisata yang dikelola selama ini baik dari kelompok HKm, masyarakat, dan segala macam, seperti di Tanjung Tinggi, diperbolehkan buka,” kata pria yang akrab disapa Sanem kepada SatamExpose.com, Senin (18/5/2020).

Sanem menegaskan, pembukaan kembali obyek wisata tersebut dalam prakteknya harus sesuai dengan protokol kesehatan. Hal tersebut mengingat pandemi Covid-19 belum berlalu.

Protokol kesehatan yang dimaksud bukan hanya untuk masyarakat yang berkunjung, namun juga berlaku untuk pedagang serta pelaku wisata. Sehingga kebebasan yang diperoleh masyarakat tidak menjadi polemik yang akan membuat Belitung menjadi zona merah kembali.

"Tanjung Pendam tinggal nunggu waktu. Saat ini fokus untuk wisata dari masyarakat terlebih dahulu, nanti yang dikelola pemerintah daerah baru menyusul," pungkas Sanem. (mg1)