Ticker

6/recent/ticker-posts

KABAR BAIK! DUA PASIEN POSITIF COVID-19 DI BELITUNG DINYATAKAN SEMBUH, TOTAL ADA TIGA PASIEN SEMBUH

Ilustrasi Covid-19. Net

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Perkembangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Belitung sangat menggembirakan. Kabar gembira ini disampaikan Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem), Jumat (1/5/2020).

Sanem yang menjabat Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Belitung menyampaikan bahwa dua pasien positif Covid-19 di Kabupaten Belitung, yakni Pasien 034 dan Pasien 440 dinyatakan sembuh total.

Kabar gembira ini diterima setelah RSUD dr H Marsidi Judono (RSMJ) sebagai rumah sakit rujukan Covid-19 menerima hasil pemeriksaan swab dari Puslitbangkes Biomedis dan Tekhnologi Kesehatan Kemenkes RI.




Hasil pemeriksaan swab milik Pasien 034 yang merupakan pria berumur 54 tahun tersebut merupakan pemeriksaan swab ketujuh dan kedelapan. Sedangkan hasil pemeriksaan Pasien 440 yang merupakan perempuan umur 21 tahun merupakan pemeriksaan swab keempat dan kelima.

Pasien pertama dan ketiga dinyatakan Covid-19 di Belitung ini memiliki hasil pemeriksaan swab negatif dua kali berturut-turut. Sehingga keduanya dinyatakan sembuh.

"Ya Alhamdulilah hasilnya negatif," kata Sanem saat mengumumkan perkembangan Covid-19, Jumat (1/5/2020).

Dengan adanya hasil ini, total sudah ada tiga pasien dari empat pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh. Sebelumnya Pasien 211 yang merupakan pria berumur 34 tahun juga dinyatakan sembuh.




Pasien 034 menjalani perawatan di ruang isolasi RSMJ selama satu bulan enam hari. Selama perawatan pasien yang bersangkutan dengan kondisi awal mengalami batuk dan sesak napas dengan gambaran radiologis pneumonia.

Namun setelah dilakukan perawatan sesuai dengan protap, Pasien 034 ini berangsur membaik dan sembuh total. Sedangkan Pasien 440 merupakan hasil tracking dari Pasien 034 yang dinyatakan positif Covid-19 pertama di Belitung.

Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung mengajak masyarakat agar bersama-sama menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran yang telah ditetapkan.

"Hal ini sebagai upaya memutus rantai penyebaran covid-19. Sehinga Pulau Belitung dapat kembali menjadi zona hijau," ucap Sanem. (mg1)