Ticker

6/recent/ticker-posts

ANTISIPASI PENYEBARAN VIRUS CORONA, PEMPROV BABEL SIAPKAN DANA SEBESAR RP 27 MILIAR

Wagub Babel Abdul Fatah saat rapat penanganan Covid-19.
babelprov.go.id

PANGKALPINANG, SATAMEXPOSE.COM – Pemprov Babel siapkan dana sebesar Rp 27 miliar untuk antisipasi penanganan Corona Virus Disease 19 (Covid-19). Kepastian ini didapat setelah DPRD Babel menyetujui usulan anggaran tersebut, Kamis (26/3/2020).
Dilansir dari laman resmi Pemprov Babel, Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya menyebutkan pihaknya menyetujui usulan anggaran tersebut meski hingga saat ini belum ada suspect corona yang positif di Babel.
"Saat ini memang tidak ada pasien yang positif (Covid-19), namun hal ini perlu kita persiapkan dan ini kita anggarkan untuk dua bulan. Jangan sampai ketika tiba-tiba ada yang positif namun kualitas perawatan tidak ada," sebut Didit Srigusjaya. 
Anggaran ini lebih besar ketimbang usulan pada rapat sebelumnya, yakni Rp 25 miliar. Menurut Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah, penambahan tersebut setelah penghitungan biaya rapid test asistensi honor petugas kesehatan serta persiapan ruang isolasi dengan asumsi peruntukkan 100 ODP. 




Kepala Dinas Kesehatan Babel Mulyono Susanto menjelaskan, pihaknya akan menyiapkan ruang isolasi khusus untuk ODP yang rencananya akan memanfaatkan asrama milik BKPSDM Babel sebanyak 10 ruangan.
"Untuk persiapan ruangan di BKPSDM ini, kami perlu dana tambahan karena untuk ruang isolasi wajib dipasang ventilasi dan juga exhaust fan sebagai syarat bagi ruang isolasi ini," jelas Mulyono.
Sedangkan untuk rapid test, Kemenkes RI akan bagikan minimal 2.400 tes per-provinsi. Provinsi Kepulauan Babel termasuk tidak prioritas karena masih berstatus siaga.
"Kita akan nambah 2.000 lagi, untuk yang kontak dekat dengan positif, tenaga kesehatan kita prioritaskan, populasi rawan kita prioritaskan juga," tambah Mulyono. (als)