Ticker

6/recent/ticker-posts

ANTISIPASI PENYEBARAN VIRUS CORONA, KKP PASANG THERMAL SCANNER DI BANDARA HAS. HANANDJOEDDIN

Petugas KKP sedang memberikan Health Alert Card
kepada penumpang di Bandara HAS. Hanandjoeddin
Senin (10/02/2020). IKP


TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Antisipasi penyebaran virus corona, pengelola bandara H.A.S Hanandjoeddin mengambil sejumlah langkah preventif. Salah satu yang dilakukan adalah dengan memasang alat thermal scanner atau alat pengukur suhu di pintu kedatangan internasional. 

Dilansir dari rilis Kominfo Belitung, petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara H.A.S Hanandjoeddin juga memberikan Health Alert Card (kartu kewaspadaan kesehatan) untuk tiap penumpang dari penerbangan internasional yang masuk ke bandara. 

Menurut Jauhari, salah seorang petugas KKP menyebutkan tiap penumpang yang ditemukan dengan gejala menyerupai corona  selama 14 hari maka akan langsung dirujuk ke rumah sakit.






"Selain thermal scan, kami juga memakai thermal digital untuk personal untuk memperkuat ukuran suhu yang tertangkap di thermal scan," ungkap Jauhari
usai melakukan pengecekan kedatangan penerbangan Air Asia dari malaysia pada senin (10/02/2020).
 
Pihak KKP juga telah menyiapkan 2 orang dokter siaga dan 5 orang perawat, 2 orang pegawai sanitasi, dan satu orang operator thermal scanner. Selain tim medis pihak KKP juga menyiapkan satu unit ambulan jika ditemukan suspect virus corona.





Hal senada juga disampaikan oleh Plt. Executive General Manager PT. Angkasa Pura II (Persero), Kantor Cabang Bandar Udara H.AS. Hanandjoeddin, Nanang N Saputro menyebutkan langkah-langkah ini dilakukan sesuai dengan arahan yang diberikan oleh Kementrian Perhubungan dan PT Angkasa Pura.

"Dari Kementrian Perhubungan itu sudah mengeluarkan edaran untuk melakukan tindakan preventif, dan itupun sudah ada turunnya dari manajemen PT Angkasa Pura II juga sudah mengeluarkan edaran ," ujarnya.

 
Pihak bandara H.A.S Hanandjoeddin juga menerapkan beberapa SOP lain bagi petugas yang berhubungan langsung dengan pengguna jasa banara. Salah satunya dengan mewajibkan menggunakan masker dan sarung tangan, menjaga kondisi tubuh, serta rutin membersihkan tubuh usai bekerja. (rdx/IKP).