Januari 22, 2020

SEBANYAK 147 BENCANA TERJADI DI KABUPATEN BELITUNG SEPANJANG 2019, INI RINCIANNYA!

Bupati Belitung Sahani Saleh memeriksa pasukan
saat Apel Gelar Pasukan Aman Nusa II. IST


TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Sebanyak 147 bencana terjadi di Kabupaten Belitung sepanjang 2019. Peristiwa tersebut penting untuk menjadi perhatian pemerintah setempat, terutama dalam penanganan dan pasca kejadian.

Hal tersebut disampaikan Bupati Belitung H Sahani Saleh saat memimpin Apel Gelar Pasukan Aman Nusa II dalam Rangka Penanganan Kontinjensi Bencana Tahun 2020, Selasa (21/1/2020).

Dikutip dari pers rilis Diskominfo Belitung, bencana yang terjadi diantaranya 37 peristiwa kebakaran hutan dan lahan serta banjir, 13 peristiwa angin puting beliung, 23 peristiwa banjir rob, 13 peristiwa abrasi pantai, 6 peristiwa petir, 36 peristiwa kebakaran dan 9 peristiwa gelombang pasang.

“Kejadian tersebut menjadi perhatian yang sangat penting bagi pemerintah, karena apabila terlambat ditangani akan berdampak besar, yang tentunya sangat merugikan kita semua,” sebut Sahani Saleh dalam sambutannya.

Apel Gelar Pasukan Aman Nusa II merupakan kolaborasi antara pemerintah daerah dengan Polres Belitung dan diikuti sekitar 600 personel. Dalam menghadapi peristiwa bencana, pemda dan pihak kepolisian juga harus bekerjasama dengan pihak lain.

Diantaranya BNPB, BNPP, TNI dan pemerintah daerah beserta instansi lainnya. Yakni melaksanakan kegiatan Operasi Kontinjensi yang dimulai pada saat siaga darurat bencana, saat terjadinya kejadian bencana dan pasca bencana di seluruh wilayah yang mengalami bencana.

Operasi tersebut dilakukan melalui langkah-langkah penguatan dan pendampingan psikologi, pencarian, penyelamatan, perlindungan, pengamanan dan evakuasi korban, harta benda, Disaster Victim Identification (DVI) serta penegakan hukum.

“Saya harap kegiatan ini bisa menyatukan tekat dan komitmen dalam rangka penanganan bencana di wilayah Kabuapten Belitung,” harap pria yang akrab disapa Sanem ini.

Kepala Pelaksana Badan penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Belitung Hendri Suzanto menjelaskan bahwa apel ini merupakan rangkaian strategi persiapan dari baik TNI, Polri, Pemerintah Daerah maupun Organisasi Penggerak Peduli kebencanaan.

“Dimana dalam apel ini juga memperlihatkan bagaimana kesiapsiagaan ataupun kesediaan daripada setiap sektor untuk mengantisipasi resiko yang akan dihadapi akibat dari cuaca yang kurang bersahabat di Kabupaten Belitung,” kata Hendri.

Hendri juga mengatakan ada fasilitas yang siap digunakan dan diharapkan bisa mendukung operasional dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Belitung. (*/rdx)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.