Januari 13, 2020

KAPAL BERMUATAN MATERIAL BANGUNAN TENGGELAM DI PERAIRAN SELIU, BEGINI NASIB 14 ABK USAI DUA JAM TERAPUNG-APUNG DI LAUT

Ilustrasi kapal tenggelam. Net


TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Kapal Kargo KM EL No.2 tenggelam di wilayah perairan Pulau Seliu, Membalong, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (11/1/2020) pagi sekira pukul 3.00 WIB.

Kapal tersebut dalam pelayaran dari Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta menuju ke Pelabuhan Pontianak. Saat melintas di perairan Pulau Seliu, kapal tersebut dikabarkan hilang kontak.

Lokasi tenggelam kapal berada di perairan timur laut Pulau Seliu, tepatnya di sekitar Pulau Mendulu. Beruntung ABK beserta captain kapal berhasil selamat setelah ditolong KM Tetap Jaya yang melintasi wilayah perairan tersebut.




Menurut informasi dari KSOP Kelas IV Tanjungpandan, kapal tersebut berlayar dari Pelabuhan Sunda Kelapa pada Kamis (9/1/2020) sekira pukul 7.55 WIB membawa material bahan bangunan seperti semen, besi dan barang lainnya.

Namun karena cuaca buruk dan gelombang setinggi 2,5 hingga 3 meter menyebabkan kapal tersebut tenggelam posisi koordinat 03°03'079"S- 107 28'043" E. Saat itu sebagian badan kapal masih dalam kondisi mengapung.




"Kapal diperkirakan mengalami kebocoran, posisi tenggelamnya menungging apalagi muatan semen, besi material lainnya jadi berat dan cepat tenggelam," ujar salah satu sumber dari KSOP Kelas IV Tanjungpandan.

Sebanyak 14 ABK sempat terapung-apung di perairan sejak pukul 3.00 WIB, beruntung dua jam kemudian melintas KM Tetap Jaya dan menyelamatkan semua ABK. Kemudian ABK dibawa ke Pelabuhan Tanjungpandan. (als)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.