Januari 04, 2020

DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN AJAK MASYARAKAT MANFAATKAN PEKARANGAN RUMAH DENGAN TANAMAN PRODUKTIF


TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Hanya dengan 20.000 saja, masyarakat sudah bisa membeli sayur sawi segar di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung pada kegiatan pasar tani di halaman kantornya pada Jum'at (03/12/2019).

Kegiatan pasar tani yang rutin tersebut berbarengan dengan panen sayur sawi putih hidroponik di halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung

Dilansir dari rilis Diskominfo Belitung, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Destika Effenly menyebutkan program penanaman tanaman hidroponik sudah dilakukan sejak 2 bulan yang lalu. Setelah proses penyemaian selama 10 hari ditambah sekitar 30 hari di media hidroponik, tanaman sayur sudah bisa dipanen.





"10 hari dipersemaian, kurang lebih 30 hari di hidroponik ini, jadi kurang lebih 40 hari sudah bisa panen " ungkap Destika.

Menurut Destika tujuan dari adanya media tanam hidroponik ini adalah untuk menunjukan kepada masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah tangga jadi lebih produktif. Selain menambah keindahan pekarangan, hasil panen juga bisa menambah penghasilan, terutama untuk lingkungan di perkotaan. 





Hermanto, Kasi Pupuk, Pestisida, dan Alsintan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian berencana akan menambah jenis sayuran yang akan ditanam. Selada merah, kangkung dan beberapa jenis sayuran lainnnya akan dicoba ditanam. 

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian juga membuka kesempatan bagi masyarakat yang tertarik belajar hidroponik. Nantinya Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian akan memberikan bimbingan teknis tentang proses penyemaian, perawatan, hingga pemberian vitamin untuk tamanannya. (rdx/IKP)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.