Januari 29, 2020

CEGAH MASUKNYA VIRUS CORONA KE BABEL, DINAS KESEHATAN PASANG ALAT CANGGIH INI DI BANDARA



PANGKALPINANG, SATAMEXPOSE.COM - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memasang thermal scanner di Bandara Depati Amir Pangkalpinang. Hal ini sebagai upaya pencegahan masuknya virus corona ke Babel.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mulyono Susanto menguji penggunaan dan fungsi alat yang dipasang di pintu kedatangan bandara tersebut, Selasa (28/01/2020).

Dilansir dari laman resmi Pemprov Babel, Mulyono menjelaskan thermal scanner merupakan alat kesehatan canggih untuk memindai dan mendeteksi suhu tubuh seseorang. Alat tersebut bisa mendeteksi tubuh seseorang dalam radius 7 meter.

"Thermal scanner ini merupakan alat berteknologi canggih. Setiap orang yang melewati pintu ini akan tampak berapa suhu tubuhnya di layar," sebut Mulyono.






Mulyono menjelaskan, salah satu indikasi adanya virus corona atau 2019-nCoV pada tubuh manusia yakni suhu tubuh tinggi di atas 38 derajat celsius. Bandara merupakan salah satu pintu masuk ke daerah.

"Setelah menguji langsung cara kerja thermal scanner ini, kita optimis bahwa pintu masuk masyarakat Babel dari virus corona ini dapat dilindungi," kata Mulyono.

Sementara itu, perwakilan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pangkalpinang dr Riza menjelaskan bahwa thermal scanner mulai digunakan sejak tanggal 23 Januari.






"Petugas KKP mencermati layar thermal scanner dan melakukan pengamatan langsung kepada penumpang yang keluar dari pintu kedatangan," sebut dr Riza.

Petugas kesehatan di Bandara Depati Amir akan memeriksa lebih lanjut bila menemukan penumpang dengan suhu tubuh di atas rata-rata, yakni 38 derajat celsius.

Bahkan KKP juga telah berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura untuk menyiapkan ruang isolasi. Sehingga bila ada kasus terindikasi virus corona, penumpang ditempatkan di ruang isolasi dan dirujuk ke RSUD Depati Amir Pangkalpinang. (als)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.