November 14, 2019

TAHU DAUN IDING-IDING YANG BIASA TUMBUH DI RAWA-RAWA? TERNYATA BISA DISULAP JADI KRIPIK KRISPI YANG LEZAT LOH

Kelompok UPPKS membuat kripik pucuk Iding-iding.
IST/Diskominfo Beltim 


MANGGAR, SATAMEXPOSE.COM – Tahukah Anda pucuk iding-iding? Tumbuhan yang biasa hidup di daerah rawa ini banyak dijumpai di Pulau Belitung. Sepintas lebih mirip rumput dalam semak belukar.

Namun tumbuhan ini sejatinya memiliki keunggulan untuk kesehatan bila dikonsumsi. Karena bermanfaat untuk menambah darah sebagai pengganti bayam.

Dalam pers rilis Diskominfo Beltim, Kelompok Upaya Peningkatan Pendapatan Ekonomi Keluarga Sejahtera (UPPKS) menginovasi Keripik Pucuk Iding-Iding yang memiliki cita rasa crispy yang lezat.




Anggota UPPKS Kecamatan Kelapa Kampit Nurbayti (49) mengatakan inovasi ini didapat karena melihat bahan baku pucuk iding-iding yang mudah didapat dan pengolahan yang tidak susah.

“Karena bahan bakunya mudah didapat terus pengolahannya tidak terlalu susah dan juga tidak terlalu memakan waktu, serta aku rasa belum ada sebelumnya yang berinovasi seperti ini,” kata Nurbayti, Rabu (13/11/2019).

Nurbayti juga berharap agar dinas-dinas terkait memperhatikan usaha-usaha kecil seperti ini agar bisa berjalan lancar dan maju.




"Harapan kami tentunya untuk dinas-dinas yang terkait bisa memperhatikan usaha-usaha kami ini agar berjalan lebih lancar dan maju,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Keluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga DKPPKB Beltim Hayadi akan menikdaklanjuti inovasi baru ini agar bisa diproduksi dan dipasarkan.

“Kami akan menindaklanjuti terutama produk baru yang sama-sama kita praktekan ini, nanti kita akan mencoba untuk membuat produksi keripik ini dan kita coba untuk pasarkan,” ujarnya.




Hayadi menambahkan bahwa sesuai dengan kesepakatan yang telah dilakukan oleh kelompok UPPKS Beltim maka produk ini akan diberi nama Keripik Pucuk Iding-Iding Stoven.

Branding yang kita sepakati ini ialah Keripik Pucuk Iding-Iding Stoven, dan nanti Insyaallah basicnya ada di Kecamatan Kelapa Kampit,” tambahnya.

Hayadi juga menjanjikan pada tahun depan akan mempromosikan inovasi baru produk Keripik Pucuk Iding-Iding Stoven ini ketingkat provinsi dan nasional.

“Untuk promosinya pada tahun depan produk keripik pucuk iding-iding ini kita coba promosikan pada acara bazar di tingkat nasional dan provinsi,” kata Hayadi. (*/als)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.