November 22, 2019

KETUA LEMBAGA ADAT MELAYU JAMBI NILAI BANYAK KESAMAAN ANTARA MELAYU JAMBI DAN MELAYU BELITUNG

Penyerahan cindera mata. IST


TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Ketua Lembaga Adat Melayu Jambi (Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi) Drs H Azra'i Al Basyari gelar Depati Setio Junjung Peseko mengaku selama mengunjungi Belitung.

Hal ini dikatakan Azra’I Al Basyari saat malam ramah tamah Pemkab Belitung menyambut Lembaga Adat Melayu Jambi dan Pemkot Jambi di Pondok Kelapa Resto, Rabu (20/11/2019) malam.

Dikutip dari pers rilis Media Center Diskominfo Belitung, Azra’I Al Basyari merasa senang dengan penyambutan tersebut. Menurutnya Melayu Jambi dan Melayu Belitung mempunyai banyak persamaan.




"Ini merupakan suatu prestise yang amat membahagiakan hati kami dari Jambi. Kenapa, sebab inilah ciri khas Melayu, dia sangat memuliakan tamu, keliatan sekali adat dan kebudayaan Melayu Belitung ini banyak persamaan dan sedikit sekali perbedaan dengan adat Melayu Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi," papar Azra’I Al Basyari.

Menurut Azra’I Al Basyari, alasan tersebutlah yang menjadikan Belitung layak sebagai destinasi wisata, karena sangat menghormati tamu. Sehingga wisatawan yang datang merasa nyaman selama di Belitung.

"Jadi, Belitung sangat wajar menjadi destinasi wisata karena dia sangat senang dengan tamu, menghormati tamu dan menyantuni tamu yang datang ke Belitung," tambah Azra’I Al Basyari.




Jamuan makan malam ini digelar Pemkab Belitung setelah Lembaga Adat Melayu Jambi dan Pemkot Jambi melakukan kegiatan kunjungan rombongan ke Kabupaten Belitung.

Sebelumnya rombongan telah melakukan kunjungan ke museum Badau, masjid tertua di Desa Sijuk, Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Tinggi, Rumah Adat Belitung dan kawasan KV Senang pusat Kota Tanjungpandan.

Wakil Wali Kota Jambi Dr dr H Maulana juga turut dalam rombongan ini. Ia mengajak Pemkab Belitung untuk bekerjasama dengan Pemkot Jambi dalam mengembangkan pariwisata.

“Saat ini pemda sudah waktunya melakukan kolaborasi. Jambi dan Belitung mempunyai kesamaan adat Melayu yang manfaat, dari kunjungan kami hari ini melihat bagaimana kerukunan interaksi kearifan lokal yang luar biasa," sebut Maulana. (*/rdb)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.