Oktober 23, 2019

IPTU SUGRAITO JADI KAPOLSEK PERTAMA DI INDONESIA YANG DAPAT PENGHARGAAN DARI KOMNAS PERLINDUNGAN ANAK

Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait,
Kapolres Belitung dan Kapolsek Badau foto bersama.

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Kapolsek Badau Iptu Sugraito menjadi kapolsek pertama di Indonesia yang mendapatkan penghargaan dari Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Anak.

Penghargaan diserahkan langsung Ketua Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait dalam acara Forum Silaturrahmi Kamtibmas TNI-Polri di Aula  Mapolres Belitung, Rabu (23/10/2019).

Menurut Arist Merdeka Sirait, selain menjalankan tugasnya dalam penegakan hukum di wilayahnya, Kapolsek Badau juga memperjuangkan hak-hak sosial masyarakat, terutama hak anak-anak.






“Polsek baru ini, kalau polres sudah banyak. Ini pertama untuk Kapolsek, biasanya Kapolres-kapolres,” sebut Arist Merdeka Sirait kepada SatamExpose.com usai kegiatan.

Kapolsek Badau layak mendapatkan penghargaan dari Komnas PA karena dedikasinya terhadap hak anak. Yakni membantu anak mendapatkan akte kelahiran.

“Selain beliau (Kapolsek Badau, red) bekerja, tapi juga memberikan perhatiannya ke hal-hal sosial. Artinya fungsi polisi bukan hanya soal penegakan hukum,” ujar Arist Merdeka Sirait.

Dengan membantu anak mendapatkan akte kelahiran, Kapolsek Badau juga dinilai mengurangi atau menekan kriminalitas di wilayahnya. Pasalnya akte kelahiran juga merupakan hak asasi manusia yang tak bisa lepas.






“Itu juga bisa mengurangi tindak pidana, tindak kriminal. Karena kalau ada masyarakat yang hak-haknya hilang, kemudian tidak terlayani dengan pelayanan publik itu memicu menjadi pelaku-pelaku kekerasan,” tambah Arist Merdeka Sirait.

Arist juga mengatakan, tak harus memperjuangkan ratusan atau bahkan ribuan hak anak untuk mendapatkan penghargaan dari Komnas PA. Namun perhatian yang diberikan Kapolsek Badau terhadap hak anak sudah cukup menjadi dasar.

Selain Kapolsek Badau, Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana juga mendapatkan penghargaan serupa dari Komnas PA. AKBP Yudhis Wibisana juga dinilai peduli dengan anak yatim, anak jalanan dan juga kaum dhuafa.






"Terima Kasih Pak Arist Merdeka Sirait sudah menyempatkan mengunjungi Polres kami semoga apresiasi ini menjadi motivasi dalam memberikan pelayanan yang lebih kepada masyarakat agar kami semakin mengayomi dan melindungi masyarakat, sesuai program Kapolri menjadi Polisi yang Profesional, Modern dan Terpercaya," ujar AKBP Yudhis Wibisana.
 
Hadir dalam acara tersebut Forkopimda, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, organisasi kepemudaan, serta mahasiswa dan pelajar. (als)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.